Skip to content

Kota, Negara Bagian, dan Teritorial Australia

September 13, 2013 by redaksi

Kota, negara bagian, dan teritorial

Geografi

Dengan luas total 7,69 juta kilometer persegi, Australia daratan merupakan pulau terbesar di dunia - tetapi juga benua terkecil.

Benua ini membentang sekitar 3.700 kilometer dari utara ke selatan dan 4.000 kilometer dari timur ke barat, menjadikannya negara terbesar keenam setelah Rusia, Kanada, China, Amerika Serikat, dan Brasil.

Australia juga merupakan satu-satunya benua yang terdiri atas satu negara. Kadang-kadang Australia disebut pula benua "pulau", karena dikelilingi oleh lautan.

Wilayah laut kami juga terbesar ketiga di dunia, mencakup tiga samudra dan meliputi wilayah sekitar 12 juta kilometer persegi. Penduduk kami kebanyakan berada di kota dan di kawasan pesisir, dengan lebih dari 80 persen penduduk tinggal dalam jarak 100 kilometer dari garis pantai. Jumlah penduduk Australia saat ini hampir mencapai 23 juta orang.

Pemerintah Australia

Australia memiliki tiga tingkat pemerintahan - pemerintah federal Australia, pemerintah enam negara bagian dan dua teritorial, serta sekitar 700 pemerintah daerah. Australia telah menjadi negara dengan satu pemerintahan nasional sejak 1 Januari 1901. Meskipun terbagi menjadi negara bagian dan teritorial yang memiliki pemerintahan sendiri-sendiri, kami semua bersatu sebagai satu bangsa.

Australia menganut sistem monarki konstitusional dengan Ratu Elizabeth II dari Inggris sebagai kepala negara, oleh karena itu di bendera nasional Australia terdapat gambar Union Jack (serta gambar Bintang Persemakmuran dan Rasi Bintang Pari).
Ratu mengangkat Gubernur-Jenderal Australia sebagai wakilnya atas saran dari Pemerintah Australia terpilih. Gubernur Jenderal mengangkat menteri atas masukan Perdana Menteri. Sistem pemerintahan Australia didasarkan pada tradisi demokrasi liberal, yang mencakup toleransi beragama dan kebebasan menyampaikan pendapat dan berserikat.
Konstitusi Australia menetapkan tugas Pemerintah Australia, seperti hubungan luar negeri dan perdagangan, pertahanan, dan imigrasi. Negara bagian dan teritorial bertanggung jawab atas hal-hal yang tidak ditentukan kepada pemerintah federal.
Ada dua kelompok politik utama yang biasanya membentuk pemerintah, baik di tingkat federal maupun negara bagian: Partai Buruh Australia, dan Koalisi yang merupakan gabungan formal Partai Liberal dengan mitranya yang lebih kecil, Partai Nasional.

Partai atau koalisi yang mayoritas inilah yang menjadi pemerintah, tergantung pilihan warga negara Australia saat pemilu. Koalisi atau partai politik yang kalah disebut "oposisi".

Australia yang Multikultural

Masyarakat Australia berasal dari berbagai latar belakang budaya, etnis, bahasa, dan agama, dan fitur ini membentuk masyarakat Australia modern. Kaum aborigin dan penduduk pulau-pulau di Selat Torres telah hidup di Australia selama puluhan ribu tahun. Kebanyakan orang Australia adalah imigran atau keturunan imigran yang datang ke sini selama dua ratus tahun terakhir dari lebih dari 200 negara. Bahasa yang paling umum digunakan di Australia adalah Bahasa Inggris, dan agama yang paling banyak dianut adalah Kristen, meskipun bahasa dan agama lainnya juga umum.
Kota, negara bagian, dan teritorial

Australia terdiri atas enam negara bagian dan dua teritorial.

Canberra adalah ibu kota negara dan pusat pemerintahan. Kota ini terletak sekitar 290 kilometer di selatan Sydney di Teritorial Ibu Kota Australia. Canberra dulu merupakan tanah adat suku pribumi Ngunnawal, dan diperkirakan namanya bermakna "tempat pertemuan", dari kata Aborigin "Kamberra". Di kota ini terdapat lembaga-lembaga nasional yang penting, termasuk Parlemen Australia dan Mahkamah Agung Australia.

New South Wales merupakan negara bagian tertua dan paling banyak penduduknya di Australia. Pada awalnya dibangun sebagai permukiman koloni hukuman, tepatnya di pantai Port Jackson, tempat ibu kota Sydney yang ramai sekarang berada. Lebih dari sepertiga orang Australia tinggal di New South Wales, dan Sydney merupakan kota terbesar di negara ini.

Victoria adalah negara bagian terkecil di daratan utama, tetapi jumlah penduduknya kedua terbanyak. Ibu kotanya Melbourne, kota berpenduduk terbanyak kedua di Australia. Selama demam emas tahun 1850-an, kota itu menjadi salah satu kota terbesar dan terkaya di dunia. Melbourne kadang disebut sebagai "pusat budaya Australia" dan merupakan tempat kelahiran film, televisi, seni, tari, dan musik Australia. Antusiasme penduduk Victoria terhadap olahraga juga melegenda dan di sinilah dimulai Football Australia.

Queensland adalah negara bagian Australia yang terbesar kedua dalam hal ukuran. Ibu kotanya Brisbane, kota berpenduduk terbanyak ketiga di Australia. Warga Queensland menikmati lebih banyak sinar matahari dan kehangatan musim dingin daripada kebanyakan negara bagian Australia lainnya, dan negara bagian ini cocok untuk semua jenis kegiatan luar ruangan dan olahraga air. Queensland juga memiliki Great Barrier Reef yang terkenal serta lima wilayah yang terdaftar sebagai Warisan Dunia.

Negara bagian Australia Selatan terletak di bagian tengah selatan negara itu yang mencakup sebagian wilayah terkering benua itu. Merupakan negara bagian terbesar keempat Australia dan berbatasan dengan semua negara bagian di daratan utama dan Teritorial Utara. Ibu kotanya Adelaide, kota berpenduduk terbanyak kelima di Australia. Kancah seni Australia Selatan sangat aktif dan negara bagian ini terkadang disebut sebagai "Negara Bagian Festival", dengan lebih dari 500 festival yang diadakan setiap tahun.

Di ujung atas Australia terletak Teritorial Utara. Ibu kotanya, Darwin, terletak di pantai utara, dan Alice Springs merupakan kota pedalaman utama. Alice Springs adalah pusat Australia secara fisik, hampir persis di titik tengah geografis negara ini. Di Teritorial Utara terdapat Uluru (Ayers Rock), Kata Tjuta (Olgas), dan Taman Nasional Kakadu yang terkenal.

Australia Barat merupakan negara bagian terbesar di Australia berdasarkan luasnya. Sekitar tiga perempat penduduk negara bagian ini tinggal di Perth, yang merupakan kota berpenduduk terbanyak keempat di Australia. Bagian timur negara bagian ini sebagian besar berupa gurun, sementara di barat negara bagian ini berbatasan dengan hampir 13.000 kilometer garis pantai alami. Pada 1890-an ditemukan emas di sini dan pertambangan masih merupakan salah satu industri terbesar negara bagian ini.

Tasmania dipisahkan dari daratan utama Australia oleh Selat Bass dan merupakan negara bagian terkecil di Australia. Ibu kotanya, Hobart, didirikan pada 1804 sebagai koloni hukuman, dan merupakan ibu kota negara bagian tertua kedua di Australia setelah Sydney. Seperlima Tasmania merupakan taman nasional dan kawasan hutan belantara. Pulau ini salah satu pulau yang paling banyak memiliki pegunungan di dunia, mencerminkan hubungan geologi Australia dengan Antartika jutaan tahun lalu.

Ashmore and Cartier Islands, Christmas Island, Cocos (atau Keeling) Islands,Coral Sea Islands, Heard and McDonald Islands, Norfolk Island dan the Australian Antarctic Territory (meliputi 42 persen benua Antartika) juga merupakan bagian Australia sebagai wilayah luar.

AdaptiveThemes