Lapas Kelas IIB Ciamis Bekerja Sama Dengan BNNK Gelar Sosialisasi P4GN dan Tes Urin


Tipikornews.com-
Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Ciamis gelar Sosialisasi Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) sekaligus tes urin kepada pegawai lapas dan warga binaan dalam rangka meningkatkan pengawasan internal sekaligus mewujudkan Lapas Ciamis yang bersih dari narkoba, bertempat di Gedung Serba Guna Lapas Kelas IIB Ciamis, Rabu (10/11/2021).

Pegawai Lapas Kelas IIB Ciamis dan warga binaan mengikuti sosialisasi serta di periksa urin oleh petugas dari Badan Narkotika Nasional Kabupaten Ciamis (BNNK Ciamis). Hal ini disampaikan oleh Kepala Lapas Kelas IIB Ciamis Soni Sopyan menurutnya kegiatan ini sebagai salah satu upaya pencegahan terhadap penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba di Lapas Ciamis juga sebagai bentuk pembinaan kepada pegawai dan warga binaan supaya tidak terjerumus narkoba.

“Kami ingin menciptakan Lapas yang bersih dari narkoba, maka langkah awal upaya preventif nya yaitu dengan tes juga hal ini sebagai deteksi dini terhadap penyalahgunaan narkoba di lingkungan Lapas Ciamis,” jelas Soni.

“Apabila ada pegawai Lapas yang terindikasi menggunakan narkoba akan di beri sanksi sesuai aturan yang berlaku dari mulai hukuman ringan hingga penghapusan kepegawaian atau pemecatan”, imbuh Kepala Lapas.

Sementara Menurut Kepala BNNK Ciamis Engkos Kosidin mengatakan apresiasi yang tinggi kepada pihak Lapas yang telah melaksanakan kegiatan sosialisasi P4GN sekaligus tes urin.

“Bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan kita jadikan sebagai momentum berjuang dalam hal memerangi narkoba khususnya di lapas”, ucap Engkos.

“Bahwa tes urine ini merupakan upaya deteksi dini kepada pegawai dari penyalahgunaan narkoba. Ini pun merupakan bukti komitmen dari pihak lapas Ciamis dalam berperan serta melakukan upaya P4GN di lingkungan Lapas”, tutur Engkos.

“Diharapkan dengan sosialisasi serta tes urin para pegawai dan warga binaan jadi lebih waspada dan memiliki daya tangkal dalam menolak narkoba, sehingga lapas yang bersih dari narkoba dapat terwujud”, pungkas Engkos. (tn/h.jbr)

Posting Komentar

0 Komentar