Karateka Kota Bandung Raih Prestasi Kejuaraan Virtual Karate Internasional


Tipikornews.com-
Sejumlah atlet karate Kota Bandung berhasil memenangkan medali pada Kejuaraan Karate Tingkat Internasional.

Para karateka meriah prestasi di 2nd International Virtual Kata Championship 2021 yang diselenggarakan Shotokan Karate-Do Internasional European Federation of India (SKIEFI) pada 4 April 2021 dan 1st World Virtual Kata Championship 2021 oleh World United Sport Karate Organization (WUSKO) pada 25 Juli 2021 lalu.

Kejuaraan yang diselenggarakan SKIEFI diikuti 33 klub karate dari 21 negara. Sedangkan WUSKO diikuti 39 klub karate dari 17 negara. Karateka Kota Bandung berhasil menyabet 6 emas, 5 perak, dan 3 perunggu.

Untuk mengapresiasi hal tersebut, Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana secara simbolis mengalungkan medali emas, perak, dan perunggu kepada para karateka di Aula SMP Negeri 12 Kota Bandung, Selasa (2 November 2021).

Wali kota mengungkapkan, prestasi yang telah diraih atlet tersebut merupakan hasil pembinaan, latihan, dan kerja keras. Meski menjadi juara bukan satu tujuan, tentunya dengan belajar beladiri lebih untuk kesehatan dan membina kedisiplinan.

"Memang kita belajar beladiri untuk meningkatkan disiplin dan untik kesehatan kita. Meski pun kalian sudah juara, jangan pernah sombong, justru harus semakin rendah hati dan terus berlatih," pesan wakil wali kota yang sebelumnya juga menggeluti beladiri, yakni taekwondo.

"Insyaallah, tentunya kalian ke depan bisa mengikuti berbagai event lain, baik lokal, nasional, bahkan internasional. Saya ucapkan terimakasih dan apresiasi yang berhasil mendapatkan medali, ini akan mengharumkan Kota Bandung," tambahnya.

Ia juga berpesan, agar para atlet bisa terus melakukan latihan dan pembinaan, karena meski pun pandemi masih berlangsung atau menjadi endemi kedepannya, dengan adanya Adaptasi Kebiasaan Baru, kejuaraan pun bisa dilakukan secara hybrid, yakni offline dan online.

Sementara itu, Sekretaris Akademi Seni-Bela Diri Karate Indonesia (ASKI) Jawa Barat, Indrajati berterima kasih atas raihan medali para atlet dalam dua kejuaraan tersebut.

"Mewakili ASKI Jawa Barat, saya ucapkan terimakasih atas torehan prestasinya di kancah internasional. Saya selaku sekretariat di perguruan ingin menitipkan ASKI Jawa Barat, khususnya ASKI Kota Bandung untuk dapat terus berprestasi," ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Pelatih Dojo, M. Arry Welliansyah yang juga mendapatkan medali mengatakan, pada kejuaraan yang diselenggarakan SKIEFI, peserta mengirimkan video terbaik masing-masing sesuai ketentuan yang ditetapkan, selanjutnya langsung dinilai oleh 5 juri sesuai dengan bagan pertandingan masing-masing.

Sedangkan kejuaraan oleh WUSKO, sebelumnya akan diselenggarakan pada 4 Juli 2021. Namun karena beberapa peserta belum bisa melakukan perekaman dan pengiriman video terbaiknya, karena beberapa negara diberlakukan lockdown, sehingga mundur ke 25 Juli 2021.

"Tujuan keikutsertaan para atlet dalam dua turnamen tersebut, selain menambah pengalaman, juga menumbuhkan dan meningkatkan rasa cinta tanah air dan bela negara, serta nilai perjuangan yang dilakukan pejuang dalam membela tanah air, meski bentuk perjuangannya berbeda," katanya.

Ada pun peserta yang mengikuti kejuaran 2nd International Virtual Kata Championship 2021
1. Robby Adhi Nugroho Hasan (Pelajar Kelas 6, SDN 218 Sarijadi Bandung) kategori Boys Children 12 years old Kata Colour menghadapi peserta dari Swedia, Philipina, India dan Indonesia.

2. Dutha Chandra Mahardhika (Pelajar Kelas 7- I, SMPN 12 Bandung) - Medali Perak/Silver, Boys Children 12 years old Kata Colour, menghadapi peserta dari India, Philipina dan Srilanka.

3. Muhammad Farhan Aziz (Pelajar Kelas X MIPA, SMA PAsundan 8 Bandung) - Medali Perak/Silver, Boys Cadet 14-15 years old Kata Colour, menghadapi peserta dari Indonesia dan India.

4. Maulana Al Afghoni (Pelajar Kelas XI Teknik Permesinan, SMK Negeri 2 Bandung) - Medali Perak/Silver, Boys Junior 16-17 years old Kata Colour, menghadapi peserta dari India dan Philipina.

5. M. Arry Welliansyah (Staf Administrasi SMP Negeri 12 Bandung) - Medali Perak/Silver, Male Veteran 46-50 years old Kata Black Belt, menghadapi peserta dari Nepal, Swedia, Malaysia, dan Philipina.

6. Romadoniyati Ruhhaidah Welliansyah (Mahasiswi FIKIP Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia Semester IV, Universitas Pasundan Bandung) - Medali Emas/Gold, Female Senior 18-20 years old Kata Black Belt, menghadapi peserta dari India, Malaysia, dan Iran.

7. Hisnayati Eka Willyansari, S.Tr.Sos. (Staf Fakultas Hukum Universitas Pasundan Bandung) - Medali Emas/Gold, Female Senior 21-22 years old Kata Black Belt, menghadapi peserta dari Iran dan India

1st World Virtual Kata Championship 2021
1. Adelia Khurrun Ain (Pelajar Kelas V, SDPN 252 Setiabudi Bandung) - Medali Perunggu/Bronze, Female Childrens 9 years old Kata Colour, menghadapi peseria dari Inggris, Indonesia dan Philipina.

2. Robby Adhi Nugroho Hasan (Pelajar Kelas 7, SMPIT Al Irsyad Al Islamiyah Bandung) - Medali Emas/Gold, Boys Cadet 13 years old Kata Colour, menghadapi peseta dan Qatar, Libya dan India.

3. Syazqia Rahma Talia (Pelajar Kelas 9-D, SMP Negeri 12 Bandung) - Medali Perunggu/Bronze, Female 14-15 years old Kata Intermediate, menghadapi peserta dari Malaysia, Indonesia dan India.

4. Vani Puspitasari (Pelajar Kelas XI IPA-2, SMA Negeri 9 Bandung) - Medali Perak/Silver, Female Junior 16-17 years old Kata Intermediate, menghadapi peserta dari Indonesia dan Malaysia.

5. Muhammad Ilham Yusuf (Pelajar Kelas XI IPS, SMA ICB Cinta Bakti Bandung) - Medali Perunggu/Bronze, Boys Junior 16-17 years old Kata Novice, menghadapi peserta dari Suriname, Qatar dan India.

6. M. Wira Tanginas Aldiana (Pelajar Kelas XII IPA-3, SMA Negeri 1 Bandung) - Medali Emas/Gold, Boys Junior 16-17 years old Kata Novice, menghadapi temannya, Ilham, dan peserta dari negara Qatar, Suriname dan India.

7. Aulia Fathna Anggita Harahap (Pelajar Kelas XI IPS, SMA Negeri 15 Bandung) - Medali Emas/Gold, Female Junior 16-17 years old Kata Black Belt, menghadapi peserta dari Malaysia dan India.

8. M. Arry Welliansyah (Staf Administrasi SMP Negeri 12 Bandung) - Medali Emas/Gold. Male Veteran 46-50 years old Kata Black Belt, menghadapi peserta dari Australia, Dubai dan India. (tn/h.bdg)

Posting Komentar

0 Komentar