Bantu UMKM di Jabar, PLN Salurkan Gerobak Motor Listrik


Tipikornews.com-
PLN memberikan bantuan Molis Booth berbentuk gerobak motor listrik untuk mendukung pengembangan usaha mikro kecil (UMK) di Jabar, khususnya di Bandung.

Program ini merupakan salah satu inovasi program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas usaha mikro kecil (UMK).

Gerobak motor listrik atau Molis Booth menjadi alat transportasi sekaligus booth yang ramah lingkungan bagi pelaku UMK di Jawa Barat.

Molis booth diserahkan langsung oleh GM PLN Unit Induk Distribusi Jawa Barat Agung Nugraha kepada 12 pelaku UMK di lokasi final touring mobil listrik yang rutenya Jakarta-Bandung (Kiara Park Bandung).

UMK tersebut terdiri dari UKM Jarvies Kuliner dengan produksi kue, UKM Aldy Yoghurt dengan produksi yoghurt, UKM Jamu Tradisional Mbak Yanti, UKM Rizky Berkah dengan produksinya snack, UKM Nana Cemilan Ringan, UKM Kupat Tahu Plo, UKM Kopi Cikapundung, UKM Lemon Bandung, UKM Ammar Shop dengan produksinya Mie Ayam, UKM Berkah Sauyunan dengan jualannya sayuran, UKM Roti Bu Eha, dan UKM Ketan Cetak Bu Yuli.

“Tujuan diadakan program tersebut yakni agar meningkatkan penggunaan transportasi yang lebih ramah lingkungan dan lebih menghemat biaya operasional pelaku UMK karena menggunakan listrik sebagai bahan bakarnya,” ujar Agung dalam siaran pers PLN, Selasa (16/11/2021).

Menurut Agung, UMK merupakan tulang punggung pertumbuhan perekonomian masyarakat, terutama saat pandemi.

Agung menambahkan, dengan moda transportasi gerobak motor listrik, strategi pemasaran produk UMK akan semakin luas sehingga akan membantu peningkatan omset UMK.

Selain itu, keberadaan toko sekaligus kendaraan yang berbahan bakar listrik tersebut diharapkan mampu menarik minat masyarakat untuk beralih dari kendaraan konvensional berbahan bakar minyak ke listrik.

“Dengan adanya bantuan ini, semoga perekonomian pelaku UMK semakin tumbuh sekaligus berkontribusi dalam menciptakan langit bersih melalui penggunaan alat transportasi yang berbahan bakar listrik,” pungkas Agung.

Yosef, pemilik UMK yang sebelumnya menjual lemon dengan motor berbahan bakar fosil mengungkapkan rasa syukurnya atas pemberian bantuan oleh PLN ini.

“Saya senang memperoleh motor listrik ini. Semoga PLN makin maju, usaha saya makin berkah dan selain itu karena menggunakan listrik semoga makin lebih hemat,” pungkas Yosef. (tn/h.jbr)

Posting Komentar

0 Komentar