Kepedulian Sosial Saat Pandemi Jadi Bekal Kemajuan Kota Bandung


Tipikornews.com- Ketua DPRD Kota Bandung, Tedy Rusmawan AT., M.M., berharap warga Kota Bandung terus menjaga rasa kepedulian sosial yang terlihat melonjak sejak awal pandemi. Tedy meyakini gerakan kepedulian sosial tinggi akan menjadi fondasi kolaborasi yang penting untuk memajukan Kota Bandung.

“Sedari awal pandemi, mulai saling kirim makanan bagi yang isoman, sampai gerakan beli dagangan untuk bantu pulihkan ekonomi, semua bergerak serentak. Kita bisa bayangkan jika lonjakan rasa bahagia saling bantu ini menjadi hal biasa di masa mendatang. Saya yakin Bandung bakal lebih cepat membangun kotanya sesuai harapan bersama,” ujar Tedy, seusai menghadiri acara vaksinasi massal gelaran DPD PKS Kota Bandung, di Kiara Artha Park, Bandung, Minggu (24/10/2021).


Acara ini juga dihadiri sejumlah anggota DPRD Kota Bandung dari Fraksi PKS mulai dari Wakil Ketua Komisi A DPRD Kota Bandung Khairullah, S.Pd.I., Anggota Komisi B DPRD Agus Salim dan Hj. Siti Nurjanah, SS., serta Anggota Komisi D drg. Susi Sulastri dan Hj. Salmiah Rambe, S.Pd.I., M.Sos.

Mewakili Pemerintahan Kota Bandung, Tedy mengapresiasi kegiatan vaksinasi ini karena membantu percepatan terbentuknya kekebalan kelompok di tengah Kota Bandung.

“Terutama percepatan untuk dosis kedua yang saat ini masih di kisaran 70 persen. Mudah-mudahan setiap acara vaksinasi bisa mengiringi pencapaian dosis pertama yang telah mencapai di angka 90 persen,” tuturnya.

Ia berharap kegiatan ini bisa diikuti oleh kelompok atau komunitas masyarakat lainnya untuk bersama-sama menggelar vaksinasi secara massal.

“Kami pun mengimbau kepada masyarakat, setelah divaksin bukan berarti kita menjadi kebal, namun tetap menjalankan protokol kesehatan dengan sangat ketat agar Bandung tetap terkendali. Kita bahkan mendorong PPKM lebih baik menjadi kategori level 1. Sehingga aktifitas ekonomi, pendidikan, sosial lebih leluasa lagi,” ujar Tedy.

Ia pun meminta Pemerintah Kota Bandung untuk terus melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat terkait kehati-hatian agar tidak terjadi gelombang ketiga Covid-19.

“Karena bagaimanapun juga Covid-19 di Bandung, Indonesia, dan internasional masih belum tuntas, sehingga kita terus meningkatkan kewaspadaan,” tutur Tedy.

Wakil Ketua Komisi A DPRD Kota Bandung, yang juga Ketua DPD PKS Kota Bandung Khairullah, S.Pd.I., berharap kepedulian sosial yang meningkat di tengah warga Kota Bandung menjadi hikmah di balik musibah.

“Di PKS, kepedulian sosial ini menjadi perhatian utama, terutama terkait pandemi Covid-19,” ujarnya.

Khairullah menambahkan, PKS Kota Bandung menjadi satu dari sekian banyak kelompok yang bergerak sejak awal pandemi. Kebutuhan penanganan melalui Satgas Covid-19 PKS Kota Bandung turut mendukung pemerintah untuk melayani kedaruratan yang diperlukan warga. Satgas ini menyasar pelayanan warga yang sakit, isoman, hingga yang terdampak pandemi.

Kebutuhan penanganan ini, kata Khairullah, melliputi bantuan ambulans khusus yang menangani kedaruratan khusus Covid-19, sampai penyediaan bantuan oksigen di saat masa puncak pandemi beberapa waktu silam.

“Termasuk memberikan pelatihan pemulasaran jenazah khusus Covid-19. Selain menyiapkan tim khusus, ada juga bantuan yang diberikan kepada masyarakat seperti sembako dan pelatihan ekonomi UMKM. Pembekalan pemulihan ekonomi ini juga yang menjadi kepedulian kita,” ujarnya.

Di lingkup pemerintahan, DPD PKS Kota Bandung menghimpun bantuan untuk masyarakat dari kader dan anggota legislatif serta pejabat publik dari PKS.

“Kita meminta kepada semua anggota dewan Kota Bandung untuk memperjuangkan kebutuhan yang bermanfaat bagi masyarakat dan memperhatikan prioritas kebijakan supaya benar-benar tertuju bagi masyarakat. Di tengah pandemi ini anggaran menurun sementara urusan semakin besar. Ini yang kita harapkan untuk terus diperjuangkan bagi hal yang dirasa penting untuk masyarakat,” tuturnya. (tn/h.dprd.bdg)

Posting Komentar

0 Komentar