Media Sosial Perangkat Daerah adalah Etalase Keramahan Pemprov Jabar

TIPIKORNEWS.COM-
Dalam membangun media sosial perangkat daerah yang informatif guna memperkuat peran kehumasan di perangkat daerah, Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Barat (Diskominfo Jabar) menggelar “Rapat Koordinasi Kehumasan Perangkat Daerah Provinsi Jawa Barat”, Jum'at (23/4/21).

Dalam pembukaan rapat koordinasi, Kepala Diskominfo Jabar Setiaji memaparkan pentingnya peran kehumasan dalam mendukung program Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat (Pemdaprov Jabar).

“Peran kehumasan yang melekat pada masing-masin OPD menjadi tugas bagi kita semua, untuk menginformasikan segala hal yang sifatnya publik menjadi informasi yang terintegrasi untuk mendukung program Pemerintah Provinsi Jawa Barat, " kata Setiaji.

Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Diskominfo Jabar mengimbau para perangkat daerah untuk berkolaborasi dengan bidang IKP untuk menjadikan media sosial perangkat daerah sebagai etalase keramahan Pemdaprov Jabar.

“Perlu adanya kolaborasi antara bidang IKP dan kehumasan perangkat daerah dari sisi media sosial agar publikasi program dapat kita luaskan sehingga program bisa muncul ke permukaan publikasinya. Intinya media sosial harus jadi etalase keramahan Pemprov Jabar,” papar Faiz Rahman.

Rapat koordinasi yang diikuti 170 peserta secara daring ini merupakan rapat koordinasi pertama yang digagas bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Diskominfo Jabar, pascaperpindahan tupoksi kehumasan dari Biro Humas dan Keprotokolan Sekretariat Daerah Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat ke Diskominfo Jabar.

“Rakor (Rapat Koordinasi) ini merupakan rakor pertama sejak Humas Jabar berpindah dari Setda (Sekretariat Daerah) ke IKP Diskominfo Jabar, IKP itu prinsipnya supporting system dan backup publikasi perangkat daerah, namun substansi program ada di perangkat daerah,” imbuh Faiz Rahman.

Selain memaparkan pentingnya pengelolaan media sosial, Faiz Rahman juga menilai pengaturan ritme publikasi program strategis perangkat daerah merupakan unsur penting dalam strategi kehumasan perangkat daerah.

“Semua program itu penting, semua program itu strategis, namun tidak mungkin dalam satu waktu semua program tampil bersama. Kita harus atur ritmenya , supaya setiap program mendapat exposure yang menonjol dari publikasi dan pemberitaan,” tambah Faiz Rahman.

Tim Komunikasi Gubernur, Yudiman memandang publikasi program perangkat daerah dapat dioptimalkan melalui media sosial perangkat daerah.

“Sekarang eranya adalah era media sosial. Media sosial ini sifatnya umum, mandatory atau keharusan, hanya saja perlu desain dan perencanaan yang matang agar kampanye digital dapat fokus pada tujuan dan hasilnya terukur. Di sini perlunya kerjasama antar perangkat daerah untuk mengarahkan agar program yang direncanakan dapat dipublikasikan secara terencana,” ujar Yudiman.

Ia berharap kedepannya kehumasan perangkat daerah dapat dikumpulkan berdasarkan rumpunnya agar hasil kerja kehumasan dapat tercapai secara optimal.

“Agenda ke depan akan fokus di rumpun kehumasan bidang-bidang tertentu, seperti rumpun pertanian, rumpun infrastruktur, rumpun perencanaan dan rumpun sosial. Diharapkan dengan adanya rumpun kehumasan ini bisa terkelompok dan terkelola dengan baik dan komunikasi menjadi lebih intens, dengan hasil yang lebih optimal,” papar Yudiman.

Di akhir rakor, Yudiman mengingatkan bagi perangkat daerah untuk selalu menyelipkan pesan protokol kesehatan dalam setiap konten media sosial.

“Kita masih di masa pandemi, konten apapun kita harus selipkan pesan prokes dan membangn optimisme, ini sebagai ikhtiar kita untuk menekan angka penyebaran Covid-19," tutup Yudiman. Sumber:h.prov.jbr

Posting Komentar

0 Komentar