DPRD Kota Bandung Bahas 3 Raperda, Hasil Reses, dan Penjadwalan Kegiatan

TIPIKORNEWS.COM-
Badan Musyawarah (Bamus) DPRD Kota Bandung menggelar rapat kerja di Ruang Paripurna Gedung DPRD Kota Bandung, Jumat (30/4/2021).

Rapat dipimpin oleh Ketua Bamus DPRD Kota Bandung, H. Tedy Rusmawan, AT., MM, dan dihadiri oleh perwakilan dari para anggota Bamus, baik secara langsung maupun daring.

Dalam rapat tersebut membahas beberapa agenda kegiatan meliputi, laporan Pansus 9, 10, dan 11; Penetapan Rapat Paripurna DPRD Kota Bandung terkait pengambilan keputusan terhadap dua buah Raperda yang dibahas Pansus 9 dan Pansus 11; Penyampaian Laporan Hasil Reses Masa Persidangan II Tahun 2021; dan Pembahasan Jadwal Kegiatan DPRD Kota Bandung Bulan Mei 2021.

Dalam sambutannya, Tedy Rusmawan mengatakan, pembahasan tiga buah Raperda yaitu, Kawasan Tanpa Rokok oleh Pansus 9, Pembentukan Lembaga Penyiaran Publik Lokal Radio Sonata Kota Bandung oleh Pansus 10, dan Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika oleh Pansus 11 tersebut, merupakan agenda Propemperda tahun 2021.

"Dalam rapat Bamus tadi, telah disepakati bahwa dua dari tiga Raperda yaitu, Kawasan Tanpa Rokok yang berada di Pansus 9 dan Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) dan Prekursor Narkotika di Pansus 11, akan melaporkan perkembangan pembahasan kinerjanya selama ini sebelum ditetapkan dalam forum rapat paripurna yang akan digelar hari ini, Jumat, 30 April 2021," ujarnya dalam sambutan.

Ketua Pansus 9 DPRD Kota Bandung, H. Rizal Khairul, SIP.,MSi menjelaskan bahwa Raperda Kawasan Tanpa Rokok telah siap ditetapkan dalam Rapat Paripurna. Sebab, beberapa tahapan, mulai dari pembahasan dengan SKPD terkait, tahapan fasilitasi di Pemerintah Provinsi Jawa Barat, hingga sinkronisasi pembahasan dengan hasil fasilitasi Raperda telah selesai dilakukan.

"Dengan sejumlah kesiapan tersebut, Insyaallah Raperda KTR di Pansus 9 siap untuk diparipurnakan," ujarnya.

Hal senada disampaikan oleh Ketua Pansus 11, H. Andri Rusmana S.Pd.I. Menurut Andri, seluruh rangkaian tahapan finalisasi dari Raperda P4GN dan Prekursor Narkotika telah rampung dilakukan, termasuk proses fasilitasi Raperda di Pemerintah Provinsi Jawa Barat telah selesai dilakukan pada Kamis (29/4/2021).

"Dengan selesainya seluruh rangkaian tahapan pembahasan, finalisasi, hingga fasilitasi dan FGD di Pemerintah Provinsi Jawa Barat, maka Raperda di Pansus 11, hari ini siap untuk di Paripurnakan," ujar Andri melalui zoom.

Sementara itu, Ketua Pansus 10, Muhammad Al-Haddad, S.E., MM menjelaskan, bahwa Raperda Pembentukan Lembaga Penyiaran Publik Lokal Radio Sonata Kota Bandung belum siap ditetapkan dalam Rapat Paripurna kali ini. Kendala tersebut, kata dia, karena dalam muatan materi pembahasan terbentur dengan adanya regulasi baru dari pemerintah pusat yakni, Omnibuslaw atau Undang-undang Cipta Kerja.

Selain itu, belum selesainya finalisasi penyusunan terkait beberapa catatan usulan dari Pansus 10 untuk segera dimasukkan oleh Diskominfo dalam Raperda tersebut.

"Berdasarkan hasil rapat kerja terakhir bersama Diskominfo, secara prinsip seluruh pasal dalam Raperda telah dibahas, dan hanya menyisakan beberapa catatan untuk mudah-mudahan segera dapat difinalisasi. Kami juga berharap Pak Sekda, untuk dapat ikut mendorong Diskominfo Kota Bandung agar mempercepat finalisasi dari catatan-catatan yang diberikan Pansus 10, sehingga dapat segera ditetapkan di Rapat Paripurna mendatang," ucapnya.

Dalam rapat Bamus tersebut, turut dilakukan penyerahan laporan Hasil Reses Masa Persidangan II Tahun 2021 secara simbolis oleh DR. Ir. H. Juniarso Ridwan, SH., MH., MSi dari fraksi Golongan Karya (Golkar), Christian Julianto Budiman dari fraksi PSI-PKB, dan Ir. H. Agus Gunawan dari fraksi Demokrat-PPP.

Adapula pembahasan terkait penetapan jadwal kegiatan DPRD Kota Bandung di Bulan Mei 2021. h.dprd.bdg

Posting Komentar

0 Komentar