Wakil Ketua BPK Hadiri IdI Board Meeting Secara Virtual


TIPIKORNEWS.COM- Wakil Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Agus Joko Pramono sebagai anggota INTOSAI Development Initiative (IDI) Board menghadiri IDI Board Meeting/Rapat Dewan Pengarah IDI yang diselenggarakan pada Kamis, 25 Maret 2021secara virtual. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh IDI Board dua kali dalam setahun. Pertemuan ini membahas isu-isu strategis IDI, antara lain mengenai penunjukan anggota IDI Board, performance and accountability report 2020, financial statements 2020 dan gender policy. 

Dalam pertemuan tersebut, IDI Board sepakat menunjuk Dasho Tashi, Auditor General of Bhutan sebagai anggota IDI Board yang baru menggantikan Vitor Caldeira, Auditor General Portugal yang keanggotaannya sebagai anggot IDI Board habis pada 14 Maret 2021. Selain itu, pertemuan ini juga menyetujui Performance and Accountability Report 2020, laporan keuangan IDI 2020 dan Gender Policy. Dalam pertemuan ini, dibahas juga mengenai IDI Portfolio sebagai upaya untuk meningkatkan kinerja IDI di masa mendatang. 

Pada kesempatan tersebut, IDI juga melakukan soft launching Professional Educations for SAI Auditor yang disingkat PESA-P. PESA-P menekankan pendidikan, dimana para auditor akan mengikuti pembelajaran selama 70 jam secara online dan 30 jam untuk mengikuti pembelajaran sosial, mengeksplorasi berbagai sumber daya yang dimiliki dan mengembangkan portofolio awal (initial portfolio). Dengan demikian, PESA-P memberikan kesempatan kepada para auditor untuk meningkatkan kemampuan mereka melakukan penilaian secara profesional. 

Sebagai anggota IDI Board, Wakil Ketua BPK menyampaikan apresiasi atas capaian yang sudah dilakukan oleh IDI di tengah pandemi dan berbagai inisiatif yang dilakukan IDI untuk mendukung SAI menghadapai masa pandemi. Lebih lanjut, Wakil Ketua juga sangat mendukung rencana IDI untuk membahas foresight role yang akan diselenggarakan pada bulan Juni 2021. Terkait IDI Board Meeting berikutnya, anggota IDI Board sepakat untuk dilaksanakan secara virtual pada 25 November 2021. 

Dalam pertemuan ini, turut hadir Kaditama Revbang PKN Bernadus Dwita Pradana, dan Kepala Subbagian INTOSAI, ASOSAI, dan ASEANSAI. (tn/sumber:bpk.go.id)

Posting Komentar

0 Komentar