Ratusan Lilin, Sambut Tahun Baru Imlek di Vihara Dharma Ramsi Bandung


TIPIKORNEWS.COM- Perayaan Imlek dan Cap Go Meh tahun ini harus dirayakan dengan cara berbeda oleh warga Tionghoa. Karena masa pandemi, perayaannya dilaksanakan dengan terbatas.

Seperti yang di lakukan Salah satu tempat ibadah umat budha di Bandung Vihara Dharma Ramsi untuk menyambut Hari Raya Imlek 2021, yang jatuh pada Jumat 12 Februari 2021.

Ratusan lilin mulai disusun di halaman vihara yang terletak di Gg Ibu Aisah, Jamika, Bojongloa Kaler, Kota Bandung, Kamis (11/2/2021).

Dilansir dari media online detik.com sejumlah petugas tengah bergotong royong menata lilin berwarna merah yang menjadi representasi doa dan harapan umat untuk menghadapi tahun ini. Lilin tersebut memiliki berbagai macam ukuran dan tulisan doa berbahasa Tiongkok.

"Lilin sembahyang ini dinyalakan sebagai bentuk doa dan harapan umat, tapi karena pandemi lilin yang biasanya dinyalakan pada malam hari jelang imlek, jadi lilinnya dinyalakan untuk besok saat imlek," ujar pengelola vihara, Asikin.

Asikin mengatakan besar dan kecilnya lilin tergantung dari kemampuan umat. Rata-rata lilin yang besar dipesan oleh pemilik perusahaan besar, tapi hal itu menurut Asikin bukan menjadi ukuran mutlak.

Di tengah pandemi ini jumlah lilin yang dititipkan sedikit berkurang hingga 35 persen. Saat ini, jumlah lilin yang dititipkan sebanyak 200-an lilin. 

Vihara Dharma Ramsi akan buka untuk umat pukul 6 pagi sampai jam 5 sore. Pengunjung yang hendak sembahyang di 28 altar vihara, akan dibatasi per lima pasang atau 10 orang. (Tn)

(sumber : detik.com)

Posting Komentar

0 Komentar