Stungta X Pindad dapat Musnahkan Sampah

TIPIKORNEWS.COM-
Stungta X Pindad, produk pemusnah sampah ramah lingkungan karya anak bangsa hadir sebagai hasilkarya PT Pindad. 

Stungta X Pindad merupakan solusi dalam penanganan masalah sampah dengan menggunakan teknologi smokeless incinerator, mesin pembakar sampah yang mengadopsi teknologi ramah lingkungan dan hemat energi.

Direktur Bisnis Produk Industrial PT Pindad, Heri Heriswan mengatakan Stungta X Pindad merupakan solusi inovatif yang bermanfaat untuk lingkungan dan siap untuk memproduksi secara massal.

“Stungta X Pindad merupakan salah satu bagian dari solusi inovatif penanganan sampah yang ramah lingkungan. Kami mendukung penuh inovasi karya anak bangsa ini dan siap memproduksi bersama-sama secepatnya untuk membenahi lingkungan kita di berbagai daerah di tanah air,” ujar Heri Heriswan saat peluncuranya di Gedung Pakuan.

Kehadiran produk ini dapat meningkatkan kualitas lingkungan, pengembangan sosial dan kesehatan terutama pada kondisi pandemik Covid-19 saat ini.

Heri juga mengapresiasi dukungan penuh Pemerintahan Provinsi Jawa Barat, Gubernur, Pemerintah Daerah Kabupaten Bandung dan Bupati sehingga produk inovatif yang diusung putra-putra daerah juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi permasalahan lingkungan di dalam negeri.

Dengan hadirnya produk ini, saatnya sampah dari tingkat hulu dipilah ekonomis dan non-ekonomis, organik dan an-organik untuk selanjutnya dimanfaatkan, lalu residu sampah dimusnahkan melalui mesin ini sehingga mengurangi beban pengiriman sampah bermasalah ke TPA.

Kerjasama Pindad dan Hejotekno sendiri telah diawali dengan penandatanganan MoU pada 26 Februari 2020 terkait kerjasama produksi bersama Stungta, penjualan produk, kegiatan sertifikasi dan kegiatan bisnis lainnya.

Incinerator ini tidak menghasilkan asap dan zat berbahaya lainnya karena sudah melalui pembakaran sempurna (double burner), filter dan treatment asap.

Stungta x Pindad Incirenator adalah teknologi tepat guna untuk minimalisasi masalah sampah dengan Sistem Tungku & Treatment Air sehingga sangat efisien dalam penggunaan bahan bakar.

Input sampah pada pembakaran dapat dilakukan secara terus menerus yang berbeda dengan incinerator lain yang menggunakan sistem buka tutup pintu ruang bakar yang mengharuskan burner dimatikan dan didinginkan ketika akan memasukan sampah baru.

Dengan suhu ruang 800-1200 °C dapat memusnahkan hampir seluruh jenis sampah kering dan basah diminimasi menjadi ± 5% dari volume awal sampah.

Stungta Incinerator memiliki konsep kemudahan dalam aplikasi lapangan, karena memiliki desain yang kompak, ukuran kecil dan kemudahan mobilisasi dengan sumber listrik yang independent (genset)

Stungta x Pindad – smokeless Incinerator memiliki konsep kemudahan dalam mengoperasikan, yaitu dengan kelebihan pada desain ergonomis dan kemudahan operasional sehingga memudahkan operator dalam melakukan proses kerja. (Tn/prov.jbr)

Posting Komentar

0 Komentar