Komunikasi Efektif dengan Pemangku Kepentingan

TIPIKORNEWS.COM-
Wakil Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Agus Joko Pramono secara resmi membuka Festival Untuk Negeri BPK Tahun 2020 atau FUN BPK 2020, yang digelar secara virtual, pada Selasa (18/8/2020).

Festival untuk Negeri ini merupakan sebuah festival yang terdiri dari serangkaian kegiatan dengan mengangkat tema besar "Akuntabilitas untuk Semua" atau "Accountability for All". Tema ini merupakan tema besar yang ditetapkan oleh Pimpinan BPK untuk diusung dalam berbagai kegiatan BPK yang ditujukan untuk memperluas makna akuntabilitas menjadi nilai dan budaya yang ditumbuhkembangkan dalam sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Tujuan dari Festival ini adalah untuk memberikan sosialisasi dan edukasi atas nilai akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan negara serta membangun komunikasi secara efektif dengan para pemangku kepentingan BPK. FUN BPK 2020 diselenggarakan sekaligus untuk menyemarakkan peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 tahun.
Dalam sambutannya, Wakil Ketua BPK mengatakan bahwa kegiatan yang baru pertama kali diadakan ini diharapkan dapat menjadi sumber inspirasi bagi kita semua, bagaimana para generasi muda agar selalu terpacu untuk berprestasi di tengah tuntutan mencari ilmu dalam kondisi adaptasi kebiasaan baru. BPK selalu berupaya meningkatkan wawasan dan berinteraksi dengan para pemangku kepentingan tidak hanya terhadap entitas yang diperiksa, lembaga perwakilan, pemerintah, lembaga profesi, dan masyarakat umum tetapi juga para penerus negeri ini, yaitu para pelajar dan mahasiswa. Dengan semakin berkembangnya teknologi informasi di era globalisasi saat ini, penyampaian informasi dan komunikasi bagi dunia pendidikan, bukanlah menjadi hambatan lagi.

"BPK berkomitmen untuk menjalin hubungan yang baik dengan para pemangku kepentingannya, terutama dengan generasi muda, karena generasi penerus bangsa ini diharapkan menjadi agen BPK dalam mendukung terwujudnya tata kelola keuangan negara yang akuntabel dan transparan," ujar Wakil Ketua BPK.

FUN BPK 2020 terdiri dari beberapa rangkaian kegiatan, diantaranya Lomba Cerdas Cermat Online yang akan diikuti oleh para pelajar SMA/SMK/Sederajat dan Mahasiswa Mahasiswi dari seluruh Indonesia, kegiatan Bibliobattle yaitu lomba menceritakan kembali buku fiksi/ non fiksi yang memiliki nilai moral/value (integritas, kejujuran, dan lain-lain), Lomba Karya Video BPK untuk internal Pegawai BPK dan Pelajar serta Lomba Konten Medsos bagi Pelajar dengan tema "BPK Menurut Kamu".
Setelah Pembukaan FUN BPK 2020, acara dilanjutkan dengan kegiatan pertama dari FUN BPK 2020 yaitu Lomba Cerdas Cermat Online babak semifinal untuk para pelajar SMA/SMK/Sederajat dan Mahasiswa/ Mahasiswi dari seluruh Indonesia. Sebanyak 520 tim telah mendaftar dari masing-masing kelompok peserta, atau lebih kurang sebanyak 1.353 peserta.

Selain Wakil Ketua BPK, hadir dalam pembukaan FUN BPK 2020 ini Sekretaris Jenderal Bahtiar Arif dan Kepala Biro Humas dan Kerjasama Internasional Selvia Vivi Devianti. (Tn/bpk.go.id)

Posting Komentar

0 Komentar