Ketua BPK Hadiri Peringatan Hari Konstitusi 2020

TIPIKORNEWS.COM-
Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Agung Firman Sampurna menghadiri peringatan Hari Konstitusi Tahun 2020 yang dilaksanakan di Gedung Nusantara IV Kompleks Parlemen, di Jakarta, pada Selasa (18/8). Peringatan Hari Konstitusi tersebut diselenggarakan oleh Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) dan dihadiri oleh para anggota MPR, menteri, serta pimpinan lembaga negara.

Peringatan Hari Konstitusi ini juga dihadiri oleh Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin secara virtual melalui sambungan telekonferensi dari kediaman Wakil Presiden di Jakarta. Pada kesempatan tersebut, Wakil Presiden mengatakan, peringatan Hari Konstitusi yang diselenggarakan setiap tahun merupakan momentum penting untuk melakukan evaluasi dan refleksi atas apa yang telah kita lakukan sebagai bangsa dan Negara dalam menjalankan amanat konstitusi.

Oleh karena itu, Wakil Presiden mengajak seluruh masyarakat, khususnya penyelenggara Negara untuk membuka kembali catatan tentang apa saja yang telah dilakukan sampai hari ini dan apa saja yang masih perlu dituntaskan. Selain itu, Wakil Presiden juga mendorong agar masyarakat dan penyelenggara Negara untuk terus optimistis dalam melewati cobaan pandemik dan muncul sebagai bangsa yang teruji kualitasnya.
Hari Konstitusi diperingati setiap tanggal 18 Agustus sebagai peringatan terhadap lahirnya konstitusi Indonesia. Penetapan 18 Agustus sebagai Hari Konstitusi dikarenakan bertepatan dengan ditetapkannya Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 sebagai konstitusi dalam rapat paripurna Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) pada 18 Agustus 1945. Penetapan Hari Konstitusi ini tertuang dalam Keputusan Presiden Nomor 18 Tahun 2008.

Selain Ketua BPK, turut hadir pada kegiatan yang dibuka secara langsung oleh Ketua MPR Bambang Soesatyo tersebut di antaranya, Menteri Kabinet Indonesia Maju, pimpinan fraksi partai, serta Anggota MPR baik secara tatap muka maupun virtual. (Tn/bpk.go.id)

Posting Komentar

0 Komentar