Gas dan Rem, Analogi Jaga Pemulihan Ekonomi dari Covid-19 Memasuki Kuartal 3 Tahun 2020

TIPIKORNEWS.COM-
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan bahwa Pemerintah sedang menyeimbangkan analogi "gas dan rem" seperti dalam mengendarai mobil untuk menjaga roda perekonomian agar segera pulih dari dampak Covid-19 memasuki kuartal 3 tahun 2020. Pertama, pemerintah menjaga bidang kesehatan seperti penemuan vaksin dan distribusi insentif tenaga kesehatan.

"Kuncinya mengendalikan gas dan rem menjadi penting. Diantara gas dan rem ini adalah faktor kesehatan, tenaga kesehatan dan vaksin. Vaksin sedang dipersiapkan untuk diproduksi oleh Biofarma baik tahun 2020 maupun 2021. Beberapa perusahaan dalam tanda petik sudah dalam clinical trial ke-2 dan ke-3, baik yang bekerjasama dengan Sinovac, Senexin, Sinopharm, CEPI, yang terkait dengan Oxford dan yang lain," jelasnya dalam konferensi pers Strategi Pemulihan Ekonomi Nasional dan Rilis PDB kuartal II tahun 2020 pada Rabu, (05/08) secara virtual di Jakarta. 

Ia melanjutkan, terkait dengan "gas" yang harus didorong adalah terkait Jaring Pengaman Sosial (JPS), Jaring Pengaman Sektor Riil (JPRS) dan sumber-sumber pendanaan pemerintah melalui sistem penjaminan. Sedangkan yang menjadi sabuk pengamannya adalah (seat belt) adalah Jaring Pengaman Sektor Keuangan. (Tn/menkeu)

Posting Komentar

0 Komentar