BPK Bergagi Pengalaman Pemeriksaan Public Debt Terkait SDGS pada Vitual Meeting Of Intosai WGPD

TIPIKORNEWS.COM-
Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) berpartisipasi dalam Virtual Meeting of INTOSAI Working Group on Public Debt (WGPD) pada tanggal 26 Agustus 2020. Pertemuan virtual ini merupakan pengganti 2020 face-to-face Annual Meeting of INTOSAI WGPD yang tidak dapat dilaksanakan karena pandemi COVID-19.

Menyesuaikan dengan situasi dan keadaan, pertemuan tahun ini mengangkat tema "Implementation of SDGs: Exploring the Role of Public Debt Auditor in Light of COVID-19". Delegasi BPK diwakili oleh Pemeriksa Auditorat Utama Keuangan Negara (AKN) II, Tjokorda Gde Budi Kusuma dan Ramadhan Nugraha Putra beserta Tim dari Biro Humas dan Kerja Sama Internasional. Secara keseluruhan, pertemuan diikuti oleh 25 negara anggota WGPD.

Pertemuan dibuka secara resmi oleh Ketua WGPD, Michael G. Aguinaldo, Chair of Commission on Audit of Philippines. Aguinaldo mengharapkan dengan pertemuan ini, kelompok kerja dapat menggali peranan auditor terkait pemeriksaan dan manajemen public debt di masa pandemi COVID-19 ini. Selain itu, Aguinaldo juga mengapresiasi anggota WGPD yang tetap berkomitmen aktif dan berpartisipasi dalam virtual meeting.

Selain membahas perkembangan work plan WGPD 2020-2023, dalam pertemuan ini juga dilakukan knowledge sharing dari anggota WGPD. BPK dan SAI China dipilih sebagai SAI yang berkesempatan untuk berbagi pengalaman mengenai tantangan dan kesempatan yang dihadapi auditor public debt dalam konteks SDGs dan COVID-19.
BPK, yang diwakili oleh Tjokorda Gde Budi Kusuma dan Ramadhan Nugraha Putra membagikan pengalaman BPK di bidang pemeriksaan public debt terkait SDGs dalam presentasi bertemakan "Policy Coherence, Programs Effectiveness, and Sustainable Financing in Balancing Social Safety Net with National Economic Recovery Programs during Pandemic of Covid-19".

Selain itu, pertemuan juga mengundang United Nations Conference on Trade and Development (UNCTAD) dan World Bank untuk mengetahui perspektif organisasi donor terkait Debt policies, financing, sustainability and debt management in the context of COVID-19 serta perwakilan dari INTOSAI Development Iniative (IDI) untuk membahas kapasitas yang dibutuhkan auditor public debt dalam implementasi SDGs dan terkait COVID-19. (Tn/bpk.go.id)


Dengan berperan aktif di Working Group on Public Debt, BPK dapat mengambil manfaat dan pengetahuan terkait dengan pemeriksaan atas Public Debt yang dilakukan SAI lain. Selain itu, WGPD ini dapat menjadi forum pengenalan dan eksternalisasi peran BPK terutama di bidang audit public debt kepada komunitas internasional. Ke depan, BPK akan berperan lebih aktif dalam kegiatan dan project WGPD agar partisipasi BPK dapat memberikan nilai tambah baik bagi working group maupun bagi BPK. (Tn/bpk.go.id)

Posting Komentar

0 Komentar