Peran Media Pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah Jabar

TIPIKORNEWS.COM-
Media memiliki peran yang penting untuk membantu Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Kepala Palaksana (Kalak) BPBD Jabar Dhani Ramdhan menuturkan, setidaknya ada 3 peran utama media dalam membantu BPBD Jabar.

"Yang pertama adala fungsi media dalam mensosialisasikan bernagai program dan peran BPBD, kedua sebagai media edukasi untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam penanggulangan bencana, lalu peran ketiga adalah fungsi kontrol yang bisa ikut mengawasi BPBD dalam menjalankan tugasnya" kata Dhani di Bandung, Selasa (14/7/2020)

Ketiga peran media itulah menurut Dhani yang ingin dibangun oleh BPBD Jabar kedepan, agar bersama-sama memiliki visi dan misi yang sama khususnya dalam hal penanggulangan bencana.

"Jawa Barat ini istilahnya adalah mal-nya bencana. Segala jenis bencana ada di Jawa Barat. Jika masyarakatnya tidak peduli dengan kondisi itu, maka peran BPBD akan sangat berat. Masyarakat harus teredukasi mengenai kondisi alamnya. Nah peran medialah yang menjadi sangat penting dalam edukasi itu" tutur Dhani

Dhani juga menegaskan tidak akan menempatkan media hanya sebagai corong informasi semata, tetapi lebih jauh ikut terlibat langsung dalam perancangan dan pelaksanaan penanggulangan bencana di Jawa Barat. (Tn/prov.jbr)

Posting Komentar

0 Komentar