Sekitar 6001 Perusahaan Miliki Izin Operasional Selama Pandemi Covid-19

TIPIKORNEWS.COM-
Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Barat mencatat, hingga saat ini baru sekitar 6001 dari 15 ribu perusahaan besar dan menengah di Jawa Barat yang sudah memiliki Izin Operasional Mobilitas Kegiatan Industri (IOMKI) selama Pandemi Covid-19.

Menurut Ketua Divisi Logistik Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Jawa Barat, Mohammad Arifin Soedjayana, izin yang langsung dari Kementerian Perindustrian RI ini, harus dimiliki oleh setiap perusahaan jika ingin beroperasi selama Pandemi Covid-19.   

"Para perusahaannya melakukan daftar online di Sistem Informasi Industri Nasional (Si INas). Kami berharap perusahaan yang tadinya tidak terdaftar ke "Si INas" mereka daftar karena untuk IOMKI ini harus melalui "Si INas"," ucapnya.

Arifin menyatakan, dari sekitar 6001 perusahaan di Jawa Barat yang sudah mendapatkan IOMKI, ada sekitar 59 perusahaan yang izin operasionalnya di cabut karena tidak melakukan pelaporan.

"Perusahaan yang sudah mendapat IOMKI harus melaporkan setiap minggunya, dan 59 perusahaan tersebut tidak melapor sehingga izinnya dicabut," tegas Arifin, kepada wartawan di Gedung Sate, Rabu (03/06/2020). 

Arifin menyatakan, bagi perusahaan yang memiliki IOMKI harus menerapkan protokol kesehatan dengan ketat, termasuk saat Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) berlangsung dan perusahaan yang beroperasi harus melaporkan pelaksanaan operasional dan mobilitas kegiatan industri setiap pekan melalui situs SIINas (siinas.kemenperin.go.id).

"Gugus Tugas memiliki kewenangan untuk melakukan penutupan dan mencabut izin operasional selama pandemi Covid-19 ini," ujarnya. (Tn/prov.jbr)

Posting Komentar

0 Komentar