Permudah Layanan Masyarakat, Babinsa Kodim Polmas Pasang Stiker Nomor HP di Tempat Strategis

TIPIKORNEWS.COM-
Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 01/Polewali jajaran Kodim 1402/Polmas Serka Hilman Malik memasang Stiker yang tercantum foto dan nomor handphone di tempat strategis di wilayah binaannya di Kelurahan Wattang, Kecamatan Polewali, Kabupaten Polman, Provinsi Sulbar, Kamis (04/6/20)

Babinsa Kelurahan Wattang, Serka Hilman Malik mengatakan bahwa sticker yang dipasang di tempat strategis untuk memudahkan warganya untuk menghubungi Babinsa apabila terjadi sesuatu yang berkaitan dengan tugas Pokok Babinsa di wilayah binaan.

Dijelaskan Serka Hilman bahwa dirinya selaku Bintara Pembina Desa (Babinsa) TNI AD merupakan aparat teritorial TNI AD paling bawah, yang berhadapan langsung dengan masyarakat, Dalam organisasi berada dibawah Komando Rayon Militer (Koramil) dan bagian dari Komando Distrik Militer (Kodim).
Seorang Bintara Pembina Desa (Babinsa), Lanjut Serka Hilman, Memiliki wilayah operasi yang luasnya bervariasi tergantung jumlah personel di koramilnya, yang bertugas mengumpulkan dan memelihara data aspek geografi, demografi, hingga sosial dan potensi nasional di wilayah kerjanya.

Dijelaskan Serka Hilman bahwa Tugasnya meliputi beberapa aspek, Diantaranya aspek SDM, SDA, sarana-prasarana dan infrastruktur di wilayah binaannya. Contoh aplikasinya pada saat bencana alam terjadi di satu wilayah, maka Babinsa ini menjadi ujung tombak informasi awal operasi militer selain perang berupa operasi kemanusiaan TNI AD ataupun gabungan jika itu skalanya besar.
Seperti yang terjadi beberapa minggu yang lalu bencana tanah longsor yang menimbun rumah warga dan menewaskan 3 orang penduduk di Desa Kelapa Dua kecamatan Anreapi.

“Babinsa memberikan informasi kepada Komanda Koramil dan diteruskan kepada Komandan Kodim kemudian dilakukan bantuan kemanusiaan berupa bantuan personel kepada pemerintah daerah untuk melakukan evakuasi maupun pembersihan material longsor,” Pungkasnya. (Tn)
Autentikasi: Zaenal

Posting Komentar

0 Komentar