Ketua Pansus 4 DPRD Kota Bandung, Iwan Hermawan, Dorong BPPD Berinovasi untuk Penuhi Target Pajak

TIPIKORNEWS.COM-
Panitia Khusus (Pansus) 4 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bandung berharap Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (BPPD) terus berinovasi dalam mencapai target pendapatan pajak daerah.

Ketua Pansus 4 DPRD Kota Bandung, Iwan Hermawan mengatakan, diperlukan terobosan atau upaya kreatif dalam mencapai target tersebut. Terlebih dengan perkembangan teknologi yang terjadi saat ini.

“Upaya-upaya kreatif perlu dilakukan dalam mencapai target pendapatan pajak daerah, karena berhubungan dengan jalannya roda pemerintahan,” ungkapnya pada Rapat Kerja dengan BPPD terkait Pembahasan Realisasi Kinerja dari Pendapatan Pajak Daerah 2019 di Ruang Paripurna Gedung DPRD Kota Bandung, Jln. Sukabumi, Kota Bandung, Selasa (5/5/2020).

Menurutnya, sektor jasa, hiburan dan pariwisata memberikan kontribusi yang cukup besar dalam pendapatan pajak daerah. Meski demikian, sejumlah potensi pajak sektor lain tetap perlu dimaksimalkan.

Pada kesempatan yang sama, anggota Pansus 4 DPRD Kota Bandung, Aan Andi Purnama menerangkan raihan pajak pada 2019 baru 84,5% dari target pajak, yakni sekitar Rp2,145 Triliun. Maka untuk tahun 2020, perlu terus digali potensi mata pajak.

Salah satu mata pajak yang disorotinya, yakni sektor pajak reklame yang masih jauh dari target. Mengingat pengumpulan pajak dari sektor tersebut baru mencapai Rp22 Miliar dari target Rp240 Miliar.

“Angka yang jomplang ini harus menjadi perhatian, maka perlu pendataan wajib pajak reklame karena banyak yang tidak berizin,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala BPPD Kota Bandung, Arief Prasetya menjelaskan ada empat mata pajak yang tidak memenuhi target pada 2019, yakni pajak hiburan, BPHTB, PBB dan pajak reklame. “Maka kita melakukan inovasi, salah satunya dengan mempermudah pembayaran yang lebih dekat di masyarakat, bisa melalui kantor pos, bank bjb, Alfamart, Indomaret maupun e-commerce,” tandasnya. (tn/dprd.bdg)

Posting Komentar

0 Komentar