BPK Berpartisipasi dalam the 7th virtual Asia-Pacific Forum on Sustainable Development

TIPIKORNEWS.COM-
Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) turut berpartisipasi dalam pertemuan The 7th Virtual Asia Asia-Pacific Forum on Sustainable Development (APFSD) yang diselenggarakan secara virtual lewat media telekonferensi pada Rabu (20/05/2020).

Forum ini diselenggarakan oleh salah satu organisasi Perserikatan Bangsa-Bangsa yaitu Economic and Social Commission for Asia Pacific (ESCAP). Pertemuan yang merupakan forum antar pemerintah yang diselenggarakan setiap tahun yang berperan sebagai regional platform untuk mendorong negara yang membutuhkan dukungan dalam mengimplementasikan agenda 2030. APFSD tahun ini mengangkat tema "Accelerating Action for and Delivery of The 2030 Agenda in Asia And The Pacific".

Wakil Ketua BPK Agus Joko Pramono yang hadir sebagai peserta dalam pertemuan tersebut mengatakan bahwa BPK selama ini telah berperan dalam memberikan penilaian (assurance) terhadap Voluntary National Report (VNR) Indonesia dengan melakukan Pemeriksaan atas Kesiapan Indonesia dalam Implementasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan pada tahun 2017.

BPK juga telah mendorong pemerintah Indonesia untuk membuat peraturan yang lebih kuat terkait pengumpulan data (data collection), untuk memastikan terkumpulnya (disagregasi) data di pemerintah daerah. Kemudian pada tahun 2019, BPK telah memberikan penekanan atas pentingnya sinkronisasi data perlindungan antara sosial dengan data pendidikan untuk memastikan terwujudnya program perlindungan sosial di bidang pendidikan.

"Pada tahun 2020 dalam hasil pemeriksannya BPK telah mengungkap beberapa permasalahan terkait kurangnya verifikasi dan validasi data di level nasional, sehingga hal ini mengakibatkan kurang efektifnya kualitas input data dalam distribusi bantuan social", ungkap Wakil Ketua BPK.

Forum ini menghadirkan berbagai pembicara internasional dari berbagai pemangku kepentingan yaitu pemerintah, parlemen, BPK, PBB, akademisi, Lembaga Swadaya Masyarakat dan pemangku kepentingan terkait lainnya. Berbagai isu terkini di bahas dalam forum ini dengan fokus pada perspektif regional tentang percepatan kemajuan pada Agenda 2030 untuk Pembangunan Berkelanjutan dan Menghubungkan dimensi nasional dan regional dan global dari Agenda 2030 untuk Pembangunan Berkelanjutan.

Peran aktif dalam pertemuan regional akan mendorong BPK untuk dapat memperkenalkan best practice-nya di dalam komunitas internasional. Melalui pengalamannya, BPK diharapkan akan semakin diakui secara internasional dan kedepannya dan BPK akan menjadi yang terdepan dalam komunitas lembaga pemeriksa sedunia. (Tn/bpk.go.id)

Posting Komentar

0 Komentar