Pihak DPRD Kota Bandung Minta Penyaluran Dana Rawan Melanjutkan Pendidikan (RMP) Diawasi Maksimal

TIPIKORNEWS.COM-
Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bandung meminta pengawasan yang maksimal dalam penyaluran bantuan bagi siswa Rawan Melanjutkan Pendidikan (RMP). Dengan demikian, bantuan tersebut dapat tepat sasaran, terutama bagi yang membutuhkan.

Total bantuan RMP dari alokasi APBD Kota Bandung 2020 bagi SD dan SMP, baik negeri maupun swasta yakni sekitar Rp 119 Miliar. Dimana pada tahun 2019 lalu, anggaran alokasi RMP sebesar Rp 109 Miliar tidak bisa cair dan menjadi sisa lebih pembiayaan anggaran (silpa).

Sementara untuk anggaran RMP bagi SMA maupun SMK bagi warga Kota Bandung, Pemkot Bandung berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan (Disdik) Jabar yakni Rp 33 Miliar. Sedangkan pada jenjang perguruan tinggi, sekitar Rp 17,1 Miliar.

“Yang menjadi catatan dan perlu digarisbawahi adalah terkait pengawasan bantuan RMP ini,” ungkap Ketua DPRD Kota Bandung, Tedy Rusmawan pada Rapat Banggar terkait Pembahasan Rencana Perubahan APBD 2020 di Gedung DPRD Kota Bandung, Jalan Sukabumi No. 30 Kota Bandung, Selasa (7/4/2020).

Oleh karena itu, pihaknya meminta agar semua dinas dan stakeholder terkait untuk bersama-sama mengawasi program bantuan pendidikan tersebut. “Untuk sistem dan lain sebagainya untuk diperhatikan, juga DPRD Kota Bandung bersama-sama mengawasi,” katanya.

Hal senada disampaikan oleh Anggota Banggar DPRD Kota Bandung, Yuniarso Ridwan yang menila bahwa jumlah yang ada di lapangan cukup dinamis atau berubah-ubah, sehingga diperlukan pengawalan yang seksama.

“Data sasaran RMP masih bisa berdinamika, maka laporan dari masing-masing sekolah harus disertai dengan data-data yang detil,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset (BPKA) Kota Bandung, Dadang Supriatna menerangkan bahwa pengalokasian RMP terdiri dari dua jenis belanja, yakni didistribusikan secara langsung oleh Pemkot Bandung untuk siswa RMP di jenjang SD dan SMP.

Kemudian bantuan didistribusikan ke pihak provinsi Jawa Barat, terkait mekanisme bantuan RMP bagi siswa SMA dan SMK.

“Untuk bantuan sosial bagi mahasiswa RMP, disalurkan oleh kampusnya masing-masing,” tambahnya. (Tn/dprd.bdg)

Posting Komentar

0 Komentar