Penanganan Wabah Covid-19, DPRD Kota Bandung Sumbang Rp 5 Miliar

TIPIKORNEWS.COM-
Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bandung mendukung penuh langkah Pemkot Bandung mencegah penyebaran virus corona. “Kami dukung sepenuhnya langkah Pemkot Bandung terutama yang berkaitan dengan anggaran untuk pencegahan makin meluasnya wabah Covid-19 ini,” ujar Ketua DPRD Kota Bandung, Tedy Rusmawan, seusai rapat Paripurna DPRD Kota Bandung, Senin, (6/4/2020).

Rapat yang digelar di tengah pandemi Covid-19 dilakukan sesuai protokol pencegahan wabah Covid-19. Semua anggota DPRD Kota Bandung diperiksa suhu tubuhnya sebelum memasuki ruangan. Kemudian, setiap peserta rapat harus mencuci tangan menggunakan sabun, menggunakan masker dan melakukan physical distancing.

Jumlah peserta rapat pun dibatasi. Jika jumlah peserta banyak, maka dilakukan teleconference. “Jumlah yang rapat tadi ada 17 di dalam, di teleconference 20 orang, di antaranya para Ketua AKD, Ketua Komisi, Ketua Fraksi, Pimpinan, Walikota, Bapelitbang. Posisi duduk pun berjarak sekitar 1,5 meter. Sesuai protokol penanganan covid.” jelas Tedy.

Dalam Paripurna tersebut DPRD Kota Bandung membahas penetapan Rencana Kebijakan Umum Perubahan Anggaran (RKUPA) dan Rencana Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (RPPAS) tahun 2020 tahap satu dialokasikan pada pendidikan dan kesehatan.

Dalam penanganan wabah virus covid-19, DPRD Kota Bandung menyumbang dana Rp 5 miliar untuk penanganan virus corona. “Anggaran dari pergeseran APBD nanti kemana. Misal acara seremonial, anggaran perjalanan dinas luar negeri. Semua dewan sepakat dan totalnya 5 miliar. Itu disumbangkan untuk dana penanganan Covid-19”, jelas Tedy.

Seperti diketahui sesuai intruksi Menteri Dalam Negeri No. 1 Tahun 2020, harus dilakukan secara cepat untuk melaporkan anggaran dan peruntukan penanganan wabah Covid-19. “Sesuai intruksi Menteri, harus cepat, ini selambat-lambatnya 9 April 2020, itu harus ada laporan anggaran peruntukan penanganan Covid-19”, jelas Tedy. (Tn/dprd.bdg)

Posting Komentar

0 Komentar