Ketua Pansus 2 DPRD Kota Bandung, H. Aries Supriyatna SH. MH: Tugas Satgas Verivali Perlu Dipertegas

TIPIKORNEWS.COM-
Panitia Khusus (Pansus) 2 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bandung kembali menggelar rapat kerja dengan Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK), membahas pembentukan Satuan Tugas (Satgas) Verifikasi dan Validasi (Verivali). Satgas ini, nantinya bertugas untuk melakukan verifikasi dan validasi terhadap Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) di Kota Bandung.

Ketua Pansus 2 DPRD Kota Bandung, H. Aries Supriyatna, SH., MH., mengatakan, tugas Satgas Verivali perlu untuk dipertegas.

“Kita perjelas saja, Satgas Verivali ini memverifikasi dan memvalidasi data input dari Musyawarah Kelurahan (Muskel) yang sudah ada di DTKS,” jelas Aries dalam Rapat Pansus 2, di Ruang Badan Musyawarah (Bamus) DPRD Kota Bandung, Jalan Sukabumi, Bandung, Rabu (15/4/2020).

Sebelumnya, Kepala Dinas Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan (Dinsosnangkis) Kota Bandung, Tono Rusdiantono menerangkan, Satgas Verivali sering menemukan warga miskin baru (Misbar), dan sering berperan dalam melaporkan serta terlibat dalam Muskel.

“Selain memverifikasi dan validasi data DTKS, Satgas Verivali sjuga mendata Non DTKS, yaitu Miskin Baru,” papar Tono.

Terkait Misbar, Aries menegaskan, semua orang bisa mengajukan Misbar untuk didata.

“Semua orang bisa melaporkan jika menemukan Misbar dan didata oleh RT/RW serta dimusyawarakan di kelurahan. Sehingga, nantinya bisa dilaporkan ke Dinas sosial,” ujarnya.

Ditambahkan, Satgas Verivali tidak bisa memutuskan data untuk masuk dalam daftar penerima sumbangan. Satgas hanya memverifikasi dan validasi data saja.

“Satgas verivali tidak bisa memutuskan apakah seseorang itu masuk dalam data yang perlu diberikan bantuan atau tidak. Namun hanya mencocokan sesuai form yang ada saja,”ungkapnya.

Bukan hanya perbaikan tugas satgas Verivali, Aries menyarankan agar tugas koordinasi pun perlu diperbaiki.

“Masalah seperti ini bisa membuat bias tugas Verivali. Karena itu, mungkin perlu diperbaiki dalam hal koordinasi, baik di RT/RW, Kelurahan, dengan Satgas, dan juga Dinas-dinas terkait,” tandas Aries. (Tn/dprd.bdg)

Posting Komentar

0 Komentar