DPD KNPI Kota Bandung Bentuk Gugus Tugas Covid-19

TIPIKORNEWS.COM-
Awal dekade 2020 masyarakat dunia sudah dikejutkan dengan adanya Virus bernama Corona Virus Disease 2019 (COVID-19). Virus tersebut tersebar dengan waktu yang sangat cepat ke seluruh penjuru dunia, yang mana membuat World Health Organization (WHO) menaikkan status COVID-19 tersebut menjadi pandemi global.

WHO mendefinisikan pandemi sebagai wabah patogen baru yang menyebar dengan mudah dari orang kepada orang lain. Deklarasi naiknya status pandemi tersebut berarti penyakit ini telah mencapai pada titik kritis di mana virus tersebut sudah menyebar dengan cepat pada skala geografis yang jauh lebih luas dan dapat berdampak juga kepada populasi dengan jumlah yang lebih luas.

Ditingkatkannya status tersebut didasarkan atas meningkatnya jumlah kasus di luar negara asalnya, China. Tidak terkecuali di Indonesia.

Berdasarkan data yang selalu diperbarui oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-10 pada Hari Kamis Tanggal 2 April 2020, jumlah kasus positif Covid-19 di Indonesia pada saat ini sebanyak 1790 pasien.

DKI Jakarta menjadi epicentrum utama kasus Covid-19 di Indonesia. Sama halnya dengan DKI Jakarta, Jawa Barat menjadi Provinsi nomor dua yang terdampak. Tidak terkecuali Kota Bandung, sebagai Kota penunjang Ibu Kota.

Pusat Informasi COVID-19 Kota Bandung (Pusicov Bandung) pada tanggal 2 April 2020 Pukul 20:37, di Kota Bandung terdapat 1493 Orang Dalam Pemantauan (ODP), 147 Pasien Dalam Pengawasan (PDP), dan 28 Kasus Positif Covid-19. Dalam menghadapi Virus Covid-19, Wali Kota Bandung Oded M. Danial menerbitkan Surat Edaran dengan 16 poin untuk penanganan virus covid-19 di Lota Bandung.

Ketua DPD KNPI Kota Bandung Hendra Guntara mengatakan, dengan menyusul penerbitan Surat Edaran tersebut, DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Bandung membentuk Tim Gugus Tugas Covid-19. Sektor yang menjadi fokus utamadari dibentuknya Tim ini adalah pengendalian terdampak ekonomi, edukasi, advokasi dan rekonstruksi sosial pasca bencana.

Dalam Siaran Persnya yang diterima tipikornews.com, Hegun mengatakan Tim Gugus Tugas Covid-19 DPD KNPI Kota Bandung menunjuk Bena Aji Satria sebagai Ketua Tim. Dalam pelaksanaannya, Gugus tugas ini membagi fokus utama beradasaarkan skala prioritas. Pada saat ini yang menjadi skala prioritas adalah pengendalian terdampak ekonomi, salah satu program yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat adalah pembagian 1.000 sembako bagi masyarakat yang terkena dampak langsung, seperti keluarga pasien yang tidak mampu, pelaku UMKM/PKL, driver ojek online, operator SPBU, dan pegawai lepas harian. Gugus Tugas Covid-19 DPD KNPI Kota Bandung membuka donasi kepada siapa saja yang ingin turut berpartisipasi membantu. Sehingga Gugus Tugas Covid-19 ini diharapkan menjadi salah satu wadah bagi masyarakat untuk saling bergotong royong saling membantu satu sama lain. Selain melaksanakan program pembagian 1.000 sembako, kegiatan edukasi masyarakat tentang Virus Covid-19 dilakukan melalui platform media sosial milik DPD KNPI Kota Bandung yang juga dibagikan oleh pengurus DPD KNPI Kota Bandung pada akunnya masing-masing. Edukasi masyarakat terkait covid-19 ini dilaksanakan secara terus menerus dan berkesinambungan, terang Hegun sapaan akrab (Hendra Guntara-red).

Edukasi yang dilakukan kepada masyarakat ini diharapkan dapat memberikan informasi di lapangan terkait covid-19. Pemberian informasi tersebut dimaksudkan agar terbentuk rasa nyaman dan aman dalam kehidupan sosial bermasyarakat, jelasnya. (Tn)

Posting Komentar

0 Komentar