Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Bandung Monitoring Sejumlah Toko Modern dan Pedagang

TIPIKORNEWS.COM – 
Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Bandung melakukan Monitoring ke sejumlah tempat Toko Modern dan Pedagang. Pelaksanaan monitoring di barengi dengan tim gabungan Polsek Bandung Wetan dan Camat Bandung Wetan untuk memberikan informasi kepada pedagang untuk tidak berjualan melebihi pukul 20.00 dan menerapkan sistem penjualan take away.

Kepala Disdagin Kota Bandung, Elly Wasliah didampingi Kabid Usaha dan Sarana Perdagangan Dicky Wishnu menerangkan, berdasarkan Peraturan Wali Kota Bandung Nomor 14 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan PSBB dalam Penanganan Virus Corona atau COVID-19. Pada Pasal 14 ayat 3 huruf a, tempat yang dikecualikan dari larangan meliputi yang memenuhi kebutuhan pokok. "Dikecualikan dari larangan kegiatan di tempat atau fasilitas umum memenuhi kebutuhan pokok dan/atau kebutuhan sehari-hari.

Pemenuhan kebutuhan pokok itu meliputi kegiatan penyediaan, penyaluran, dan pengiriman berupa bahan pangan, makanan, minuman. Pemenuhan barang retail tersebut meliputi pasar rakyat, pasar modern, toko, atau warung dan restoran.

Dalam pelaksanaannya, pelaku usaha, baik pasar tradisional maupun modern, wajib mengikuti pembatasan. Salah satunya terkait jam operasional.

1. Pasar rakyat, dengan waktu operasional mulai pukul 04.00 WIB sampai dengan pukul 12.00 WIB.

2. Toko modern yang berbentuk minimarket, supermarket, hipermarket dan perkulakan, dengan waktu operasional mulai pukul 10.00 WIB sampai pukul 20.00 WIB

3. Toko/warung/rumah makan, dengan waktu operasional mulai pukul 10.00 WIB sampai pukul 20.00 WIB.

Menurut Elly, dalam melakukan disinfeksi secara berkala pada tempat usaha, melakukan deteksi dan pemantauan suhu tubuh karyawan dan konsumen yang memasuki pasar/toko serta memastikan karyawan yang bekerja tidak sedang mengalami demam ringan atau sakit, mewajibkan pembeli menggunakan masker, menerapkan pembatasan jarak antar sesama konsumen (physical distancing) yang datang ke pasar/toko paling sedikit dalam rentang 2 (dua) meter dan tidak menyediakan tempat duduk baik di dalam maupun di luar toko," jelas Elly. (tn)

Posting Komentar

0 Komentar