Dewan Apresiasi Pemkot Bandung Siapkan Anggaran Rp298 Penanganan Covid-19

TIPIKORNEWS.COM-
Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bandung mengapresiasi Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung yang telah menyiapkan anggaran sebesar Rp298 Miliar untuk menangani masalah Covid-19. Dana tersebut, dialokasikan untuk penanganan kesehatan sebesar Rp75 Miliar dan Rp5 Miliar untuk operasional gugus tugas. Sedangkan sisanya sebesar Rp218 miliar untuk jaring pengamanan sosial.

Langkah tersebut, diapresiasi Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian dengan alokasi penyediaan jaring pengaman sosial tertinggi pada daerah zona merah Covid-19.

“Alhamdulillah kita diapresiasi oleh Mendagri. Kota Bandung paling tinggi alokasinya, 7,85% terhadap total APBD,” jelas Ketua DPRD Kota Bandung, H. Tedy Rusmawan, AT., MM., saat menghadiri video conference dalam rangka percepatan penyesuaian APBD Tahun 2020 dalam penanganan covid-19, di Ruang Tengah Balaikota Bandung, Jumat (17/4/2020).

Terkait bantuan untuk warga terdampak Covid-19 di Kota Bandung, Tedy menjelaskan, akan disalurkan selambat-lambatnya sebelum PSBB dimulai.

“Insya Allah masyarakat harusnya sudah dapat bantuan, sebelum PSBB dimulai,”ujarnya.

Sementara dalam rapat koordinasi tersebut dilaksanakan bersama Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Menteri Keuangan, Menteri Kesehatan, Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, dengan Gubernur, Bupati/Walikota se-Indonesia terkait Tata Cara Refocusing dan realokasi APBD 2020.

Menurut Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, Refocussing Kegiatan dan Realokasi Anggaran tersebut, sesuai Inpres Nomor 4 Tahun 2020 yang diterbitkan bulan lalu.

“Sebelumnya Presiden Joko Widodo menerbitkan Inpres Nomor 4 tahun 2020 tentang Refocussing Kegiatan, Realokasi Anggaran, serta PBJ dalam rangka Percepatan Penanganan COVID-19. Instruksi Presiden ini untuk melawan semakin meluasnya penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19),” terangnya dalam konferensi virtual tersebut.

Inpres 4 tahun 2020 tentang Refocussing Kegiatan, Realokasi Anggaran, serta PBJ dalam rangka Percepatan Penanganan Covid-19 ini, akan membuat alokasi yang dulunya tidak ada menjadi ada khusus untuk Penanganan virus corona di Indonesia. (Tn/dprd.bdg)

Posting Komentar

0 Komentar