Kiprah BPK dalam 1ST Internasional Hackathon Of Sain di Praha, Republik Ceko

TIPIKORNEWS.COM-
Dengan mengusung tagline "Hack for Accountability", Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) mengirimkan tim beranggotakan 5 orang untuk berpartisipasi dalam 1st International Hackathon of SAIs di Praha, Republik Ceko pada 3-5 Maret 2020.

Kegiatan yang diselenggarakan di kantor Supreme Audit Office of the Czech Republic tersebut merupakan ajang kompetisi bagi ahli IT, programmer, graphic designer, dan auditor di negara-negara anggota EUROSAI dengan tujuan untuk mengembangkan program dan aplikasi guna mendukung proses pelaksanaan pemeriksaan agar menjadi lebih efektif dan efisien sekaligus meringankan beban pekerjaan auditor.

1st International Hackathon of SAIs diikuti oleh total 68 peserta dari 23 negara-negara Eropa, termasuk Republik Ceko, Albania, Austria, Belarus, Kroasia, Estonia, Perancis, Finlandia, Belanda, Malta, Macedonia, Spanyol, Jerman, Polandia, Rusia, Lithuania, Turki, Slovakia, Inggris, dan Swedia.

Selain sebagai observer perwakilan dari negara Asia, tim BPK RI juga turut berperan dalam kompetisi tersebut sebagai peserta tamu dengan mempromosikan prototype program aplikasi pemeriksaan yang disebut dengan iDance, atau Interactive Data Analytic Center.

Aplikasi ini akan membantu pemeriksa dalam mengklasifikasi, menganalisis data, sekaligus mengidentifikasi transaksi yang berpotensi mengandung fraud. Data set yang digunakan sebagai sample dalam aplikasi tersebut adalah data transaksi pengeluaran belanja pemerintah dan data transaksi bank.
Secara teknis, dalam mengikuti acara yang berlangsung, keseluruhan peserta hackathon dibagi menjadi 11 tim. Seluruh tim diharuskan untuk membuat aplikasi atau program dalam waktu dua hari dan kemudian mempresentasikannya di hadapan Dewan Juri. Di akhir acara, Juri memutuskan bahwa tim yang berhasil keluar sebagai pemenang yaitu gabungan dari tim Perancis - Estonia - Kroasia dengan aplikasi WE12 sebagai pemenang I, gabungan tim dari Swedia - Jerman dengan aplikasi ROD4SAI sebagai pemenang II, dan tim dari Republik Ceko dengan aplikasi AuditsToGAEther sebagai pemenang III.​

Meskipun bukan merupakan anggota EUROSAI, aplikasi iDance yang dikembangkan oleh tim BPK RI menjadi salah satu dari 6 (enam) besar aplikasi terpilih yang dipublikasikan dalam website hackathon dan dapat diakses melalui https://hackathon.eurosai2020.cz/. Hasil dari kegiatan ini rencananya juga akan dipresentasikan pada saat workshop EUROSAI Congress pada 31 Mei - 4 Juni 2020 di Praha, Republik Ceko. (Tn/bpk.go.id)

Posting Komentar

0 Komentar