BPK Hadir Pertemuan Virtual Anggota Komite Pengarah INTOSAI WGEA

TIPIKORNEWS.COM-
Sekretaris Jenderal Badan Pemeriksa Keuangan RI (BPK) Bahtiar Arif berpartisipasi dalam Rapat Komite Pengarah INTOSAI WGEA (the 17th Steering Committee Meeting of INTOSAI WGEA) yang dilaksanakan secara virtual. Pertemuan virtual ini dilaksanakan sebagai tindak lanjut dibatalkannya the 17th Steering Committee Meeting of INTOSAI WGEA di Marrakech, Maroko karena wabah COVID-19.

Pertemuan ini dipimpin langsung oleh Badan Pemeriksa Keuangan (Supreme Audit Institutions/SAI) Finlandia selaku Ketua Kelompok Kerja Audit Lingkungan (Working Group on Environmental Audit/WGEA) Organisasi Badan Pemeriksa Keuangan Internasional (International Organisation Supreme Audit Institutions/INTOSAI) atau dikenal INTOSAI WGEA. Tytti Yli-Viikari, Auditor General dari SAI Finlandia membuka secara resmi pertemuan ini pada tanggal 24 Maret 2020 pukul 15.00 WIB.

Sebanyak 30 peserta dari 15 SAI anggota Steering Committee WGEA hadir dalam pertemuan tersebut. Selain Sekretaris Jenderal BPK, turut hadir dalam pertemuan tersebut delegasi BPK lainnya yaitu Hery Subowo, Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Pemeriksaan Keuangan Negara (Badiklat PKN) dan tim Kelompok Kerja (POKJA) WGEA.

Pada pertemuan yang diselenggarakan selama empat hari ini (23 s.d. 26 Maret 2020), BPK tidak hanya berperan sebagai Steering Committee Member tetapi juga selaku Ketua Project untuk Working Package 4: Sustainable Cities and Communities: Focusing on Sustainable Transport bersama SAI Tiongkok dan SAI Thailand, serta Ketua pada Working Package 6: Sharing Experience and Capacity Building on Auditing the SDGs.

Selain itu, BPK juga berperan sebagai anggota subkomite pada dua Working Package lainnya yaitu Working Package 2: Responsible Consumption and Production – focusing on Plastic Waste yang diketuai oleh SAI India dan Working Package 3: Climate Action focusing on Climate Finance yang diketuai oleh SAI Amerika Serikat.

Pada akhir pertemuan, anggota Steering Committee akan menyetujui vision paper atas Working Package yang terdapat pada INTOSAI WGEA Work Plan 2020-2022 serta penentuan jadwal (timelines) pengerjaan dari berbagai Working Package dimaksud. (Tn/bpk.go.id)

Posting Komentar

0 Komentar