Merekonstruksi sekolah gladiator Romawi

Hak atas foto MKlein Image caption Hasil rekonstruksi bangunan sekolah gladiator peninggalan abad 4 masehi.

TIPIKORNEWS.COM-
Tim arkeolog telah merekonstruksi secara virtual sebuah sekolah gladiator milik kekaisaran Romawi yang reruntuhannya ditemukan di tepi Sungai Danube, Austria.

Sekolah gladiator ini, yang dulu di masa Romawi sering disebut Ludus, terletak di sebuah wilayah antara kota Wina dan Bratislava, Austria.

Sisa-sisa reruntuhan bangunan sekolah gladiator -- yang merupakan kompleks tentara Romawi dan diperkirakan dibangun pada abad 4 masehi -- dipetakan dengan menggunakan survei udara secara canggih dan radar yang mampu menembus kedalaman tanah.

Luas sekolah gladiator di Austria ini, yang terletak di wilayah yang dulu disebut Carnuntum, sering dibandingkan dengan reruntuhan sekolah gladiator di belakang Colosseum di Roma, Italia.

Di masa kekuasaan Romawi, Carnuntum merupakan ibu kota salah-satu provinsi Upper Pannonia dan merupakan pusat perdagangan di masa itu.
Sel-sel buat gladiator

Temuan tim arkeolog ini telah diterbitkan dalam jurnal ilmiah Antiquity.

Pada proses penggalian di akhir abad 19 dan abad 20, tim arkeolog berhasil mengungkap temuan penting di situs pemukiman kuno tersebut, termasuk sebuah benteng dan pemukiman sipil.

Di dalam situs itulah, mereka menemukan pula reruntuhan gedung teater, serta pemandian umum Romawi.

Sekolah gladiator baru terdeteksi pada 2011, di bagian selatan kota kuno tersebut.

Menurut hasil survei virtual, sekolah gladiator itu antara lain berupa sel-sel untuk para gladiator dan arena latihan yang berbentuk melingkar. (Tn/sumber:bbcnews.ina)

Posting Komentar

0 Komentar