Kegiatan Pertambangan Ilegal Di Kab/Kota Akan Ditertibkan













TIPIKORNEWS.COM - Gubernur Jawa Barat, Mochamad Ridwan Kamil telah menunjuk Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum untuk menertibkan kegiatan pertambangan di Kota dan Kabupaten yang diketahui tidak memilik izin.

“Penguatan kedisiplinan, tegakan hukum, Pa Uu saya tugaskan menertibkan galian, juga penggalian ilegal sudah mulai bergerak dimana-mana, nah ini sesuai arahan Presiden RI Joko Widodo, 2020 temanya tolong banyak fokus tentang "Peduli Lingkungan",” ucapnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum menyatakan,penertiban akan dilakukan terhadap perusahaan pertambangan yang diketahui tidak memiliki izin pertambangan.

“Penertiban bagi mereka yang belum punya izin dan juga bagi mereka yang sudah punya izin tapi melanggar aturan yang sudah ditentukan,” kata Wagub, dalam acara Komunikasi Pembangunan Daerah (Kopdar) bersama Pimpinan, Ketua Komisi, Ketua Badan, Ketua Fraksi DPRD Jawa Barat, di Green Forest Resort, Lembang, Kab. Bandung Barat, Kamis (06/02/2020).

Menurut Wagub, izin pertambangan dikeluarkan tidaklah mudah, tetapi perlu berbagai persyaratan dan teori tertentu dalam penggalian yang harus dipenuhi oleh pemohon, seperti perlunya dana reklamasi, daerah yang sudah digali harus direklamasi kembali hingga keamanan di lokasi.

“Kami memantau, melihat dan menginfeksi ke beberapa tempat galian yang saya datangi kebanyakan tidak berizin, nah oleh karena itu kami akan menindaklanjuti pertemuan kami dengan para wakil bupati dan walikota karena mereka memiliki fungsi yang sama, yaitu tentang pengawasan,” tuturnya. (tn/h.prov.jbr)

Posting Komentar

0 Komentar