Ditemukan barak besar tentara Romawi di ibu kota Italia

Hak atas foto EPA Image caption Barak tentara Romawi ditemukan sembilan meter di bawah permukaan tanah.
TIPIKORNEWS.COM-
Penggalian untuk kereta bawah tanah di ibu kota Italia, Roma, menemukan sebuah barak Romawi besar, yang berasal dari Abad ke-2.

Temuan ini dianggap amat penting sehingga pihak berwenang merencanakan akan membangun 'stasiun arkeologi' pertama di Amba Aradam, di jalur kereta bawah tanah ketiga di Roma.

Barak tentara Romawi tersebut -pada masa kekuasaan Kaisar Hadrian- ditemukan sekitar sembilan meter di bawah permukaan tanah.



Luas barak mencapai sekitar 900m2 dan diperkirakan merupakan barak dari Pengawal Praetorian Kaisar Hadrian, dengan satu gang sepanjang 100 meter dan 39 kamar.
Hak atas foto EPA Image caption Pengawal Praetorian dibentuk oleh kaisar Romawi pertama, Agustus
 
Hak atas foto EPA Image caption Barak terdiri dari 39 kamar dengan satu gang sepanjang 100 meter.
Stasiun Amba Aradam berada di dekat stasiun pertukaran di Colosseum, Fori Imperiali/Colosseo, di sepanjang jalur Metro C, yang rencananya akan mulai beroperasi pada tahun 2020.

Kepala arkeologi untuk kawasan Colosseum, Francesco Prosperetti, mengatakan pekerjaan pembangunan kereta bawah tanah tidak akan ditunda walau harus ada perubahan dalam rancangan stasiun.

Amba Aradam diambil dari nama perang ketika Fasisme Italia menang atas pasukan Kaisar Ethiopia, Haile Selassie, tahun 1936, yang juga dikenal sebagai Perang Abyssinian.

Pengawal Praetorian dibentuk oleh kaisar Romawi pertama, Agustus, sebagai pengawal kaisar dan pasukan pribadi. (Tn/sumber:bbcnews.ina)

Posting Komentar

0 Komentar