Wakil Walkot Minta Pembinaan Atlet Manfaatkan Sport Science

TIPIKORNEWS.COM - Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana berharap pembinaan olahraga usia dini memanfaatkan “sport science”. Hal itu agar bisa melahirkan atlet berprestasi di masa depan. 

Yana mencontohkan, di era sepak bola modern ini, sejumlah klub-klub di dunia tidak hanya melibatkan pelatih fisik, ahli gizi, dan pelatih kebugaran saja, tapi juga sudah melibatkan psikolog dan memanfaatkan sport science.

"Pola pelatihan yang diterapkan sangat terukur, sehingga bisa mengetahui pasti pemain yang diturunkan dalam menerapkan strategi tertentu," jelas Yana saat memberikan sambutan sekaligus membuka Coaching Clinic Tingkat Sekolah Dasar (U8- U12) Grassroot Asosiasi PSSI Kota Bandung di Gedung SDN Banjarsari Kota Bandung, Jumat (13/9/2019).

Kang Yana, sapaan akrabnya berharap, "sport science" dapat diterapkan dalam pelatihan dan pembinaan usia dini. Dengan demikian, pesepakbola akan semakin berkembang sesuai dengan usianya.

"Anak-anak usia di bawah 13 tahun misalnya tidak boleh terlalu sering diajarkan menyundul. Ini berkaitan dengan perkembangan otak dan juga organ penting lainnya," katanya.

“Prestasi olahraga di usia emas sangat tergantung kepada pola pembinaan dan pelatihan sejak dini. Itu berarti peran pelatih di tingkat dasar memiliki pengaruh besar dalam menunjang kesuksesan atlet di masa depan," jelas Kang Yana.

Tak hanya itu, ia juga meminta para peserta coaching clinik di tingkat Grassroot tersebut untuk membina mental anak-anaknya. Hal itu agar anak-anak tidak emosional ketika mendapat teguran wasit, tidak mudah meradang ketika dihadang lawan, dan mau menerima kekalahan sebagai modal meraih kemenangan di pertandingan lain.

Pada Coaching Clinic Tingkat Sekolah Dasar (U8 - U12) Grassroot Asosiasi PSSI Kota Bandung di Gedung SDN Banjarsari Kota Bandung, Gilang Angga Kusuma mantan Pemain Persib menjadi Head Coaching Clinic..

Ketua Pelaksana Kegiatan sekaligus Pengurus PSSI Kota Bandung Hendra Guntara menyampaikan bahwa kegiatan coaching clinic ini diselenggarakan bertujuan untuk membangun spirit siswa-siswa yang ada di SDN 113 Banjarsari agar banyak mencintai sepak bola sejak dini.

“Mengingat di Sekolah ini banyak sekali yang mencitai sepak bola, maka kegiatan ini diselenggarakan di sini selain untuk mensosialisasikan bagaimna mencintai sepak bola dengan baik juga untuk memupuk rasa fair play sejaki dini”, ucap pria yang sering disapa Hegun.

Kepala Sekolah SDN 113 Banjarsari Ibu Siti Aisyah Rosyidah menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Kang Yana selaku Ketua Umum PSSI Kota Bandung yang sudah menyelenggarakan kegiatan coaching clinic.

“hari ini anak-anak di SDN 113 Banjarsari sangat antusias mengikuti kegiatan coaching clinic ini, oleh karenanya kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Kang Yana selaku Wakil Walikota Bandung yang juga Ketua Umum PSSI Kota Bandung yang telah menyelenggarakan kegiatan coaching clinic di Sekolah kami, mengingat banyak sekali atlet-atlet sepak bola yang ada di sini. Dengan segala keterbatasan fasilitas yang ada, kami berupaya terus untuk melahirkan bibit-bibit unggul dalam dunia sepak bola”, ucap Ibu Siti.

“Kami juga berharap, dengan diselenggarakannya kegiatan seperti ini mampu menanamkan nilai-nilai sportifitas sejak dini, serta mampu mencetak bibit-bibit unggul di bidang olahraga sepak bola”, ujar Ibu Siti.

Antusiasme dari para peserta yang mengikuti kegiatan coaching clinic ini sangat tinggi. Semua rangkaian kegiatan diikuti dengan semangat dan aktif. Interaksi antar fasilitator dan peserta sangat tinggi, sehingga peserta dapat mengikuti kegiatan nya sampai selesai. (tn)

Posting Komentar

0 Komentar