Musyawarah Kerja PMI 2019, Optimis Akan Memberikan Kontribusi Bagi Masyarakat Kota Bandung

TIPIKORNEWS.COM - Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana optimis Palang Merah Indonesia (PMI) semakin mampu memberikan kontribusi bagi masyarakat. Apalagi kehadiran PMI telah memberikan manfaat besar bagi masyarakat.

"Secara umum Palang Merah Indonesia (PMI) sebagai organisasi sosial kemasyarakatan lingkup nasional yang memiliki hubungan internasional. Lembaga ini bertujuan menolong dan membantu sesama apapun penyebabnya," katanya pada acara Musyawarah Kerja PMI Kota Bandung tahun 2019, di Kantor PMI Kota Bandung Jalan Aceh, Sabtu (23/9/2019).

Menurutnya, PMI cukup penting dalam berperan aktif di berbagai bidang kemanusiaan. Selama ini, PMI telah membantu pemerintah dalam upaya kemanusiaan seperti kegiatan sosial.

"PMI sangat penting dalam membantu pemerintahan di bidang sosial. Tugas PMI menolong korban bencana, berbagai musibah dan korban konflik dalam pertolongan pertama. PMI selalu siaga hadir pertama di lokasi kejadian," tuturnya.

Selain itu, kata Yana, peran PMI sangat dibutuhkan untuk membentuk generasi muda yang unggul. Salah satunya berdiri Palang Merah Remaja di sekoah.

"Pembinaan generasi muda dengan membentuk unit PMR di sekolah khusus di SMP SMA ataupun SMK. Dengan melaksanakan pelayanan sosial dan bakti sosial, PMR pasti berkembang dan yakin selalu bermanfaat," ujarnya.

Terkait Musyawarah Kerja, Yana berharap menjadi sarana konsolidasi khususnya dari aspek kepengurusan agar sumber daya manusia PMI lebih optimal dan produktif.

"Forum ini jadi sarana konsolidasi khususnya dari aspek kepengurusan untuk jadikan PMI lebih mandiri dan profesional," harapnya.

“Saya mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya kepada pengurus PMI atas semua kerja sosial yang telah dilakukan. Saya juga menginbau dalam musyawarah kerja ini agar terus meningkatkan kesiagaan dan mampu bertindak cepat atas segala kemungkinan yang terjasa. Terlebih lagi cuaca yang saat ini cenderung rawan terhadap terjadinya bencana alam,” imbau Yana.

Sementara itu, Ketua PMI Kota Bandung, Ade Koesjanto mengatakan, musyawarah kerja bertema, penguatan kelembagaan dalam upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia, bertujuan untuk mengevaluasi sekaligus menyusun rencana kerja dan anggaran pendapatan ataupun belanja tahunan.

Adapun program musyawarah kerja 2019, untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas relawan seperti (KSR) Korps Sukarela, (TSR) Tenaga Sukarela dan (PMR) Palang Merah Remaja, juga mengembangkan sarana dan prasarana dasar PMI seperti markas, posko, aset dan gudang.

“Selain itu, kami akan menambah jumlah pelatih dan fasilitator relawan yang bersertifikat. Tak lupa, pengadaan peralatan pelayanan darurat bencana, juga kendaraan operasional tanggap darurat bencana akan kita tambah,” terangnya.

"Dengan musyawarah ini kita harap rencana tahun ini lebih maksimal dan terselenggara dengan lancar," tuturnya. (tn)





Posting Komentar

0 Komentar