Aparat Kewilayahan, Tingkatkan Kewaspadaan Bencana

TIPIKORNEWS.COM - Hujan dengan intensitas tinggi masih diprediksi masih akan mengguyur wilayah Kota Bandung dan sekitarnya. Wali Kota Bandung, Oded M. Danial meminta kepada warga dan aparat kewilayahan untuk waspada terjadinya bencana hidrometeorologi.

Dengan kondisi curah hujan yang masih tinggi, kewaspadan terhadap terjadinya bencana hidrometeorologi seperti banjir dan lonsgor, harus ditingkatkan. "Karena musibah itu kan sulit kita prediksi, jadi kita harus waspada," ujar Oded di Pendopo Kota Bandung, Jln. Dalem Kaum, Bandung, Senin (11/2/2019).

Apalagi, lanjutnya, di wilayah rawan bencana termasuk di wilayah perbatasan dengan daerah lain yang rawan bencana. Oded meminta warga dan aparat kewilayahan harus ekstra waspada.

"Saya kira ada beberapa wilayah di perbatasan yang rawan bencana. Untuk itu, saya minta kepada pihak terkait berkoordinasi antar-lini di Bandung Raya," pintanya.

Kewaspadaan, lanjutnya, bisa juga dilakukan dengan peduli terhadap sampah. Sampah bisa memicu banjir, yaitu aliran air deras terhambat sampah sehingga air meluar ke permukiman. "Jangan sampai ada lagi yang buang sampah di sungai," tegasnya.

Terkait banjir bandang yang melanda Cilengkrang, Kabupaten Bandung, Oded mengatakan, dirinya sudah berkoordinasi dengan dinas terkait dan aparat kewilayahan. "Saya minta mereka untuk cepat tanggap," ujarnya.

Tim Gorong-gorong Bersih (Gober) yang berada di dekat lokasi banjir, ikut membantu membersihkan lumpur yang merendam rumah warga. (tn/h.bdg)

Posting Komentar

0 Komentar