Kunker Spesifik Komisi V DPR RI Tinjau Infrastruktur dan Program PKT di Madiun

TIPIKORNEWS.COM - Komisi V DPR RI yang dipimpin oleh Sadarestuwati, melakukan kunjungan kerja spesifik peninjauan infrastruktur dan transportasi di Madiun, Provinsi Jawa Timur, Pada Rabu, 23 Januari 2019. Dalam kunjungan ini, rombongan meninjau jembatan gantung di Desa Kedungrejo, Kecamatan Pilangkenceng serta melakukan dialog dengan warga penerima Program Padat Karya Tunai (PKT) Kementerian PUPR di Kabupaten Madiun, Provinsi Jawa Timur.

Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) VIII, I Ketut Darmawahana, menyampaikan bahwa, jembatan gantung di Desa Kedungrejo (panjang 42 m), termasuk dalam Paket Pekerjaan Pembangunan Jembatan Gantung Nawacita cs.

Di samping jembatan gantung ini, juga dibangun Jembatan Gantung Sungai Karanggeneng (120 m) di Kecamatan Pitu, Kabupaten Ngawi, Jembatan Gantung Sungai Kedung Manten (42 m) di Kecamatan Mejayan, dan Jembatan Gantung di Desa Banjarsari, Kecamatan Dagangan, Kabupaten Madiun. Pembangunan keempat jembatan gantung tersebut dilaksanakan pada TA 2018 dengan anggaran senilai Rp 8,2 Miliar.

Sementara itu, program PKT di Kabupaten Madiun, meliputi Pembangunan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW) dari tahun 2017 – 2018 terdiri dari 27 kecamatan (80 desa), Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) tahun 2016 – 2018, 2.022 unit rumah, dan Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air (P3-TGAI) tahun 2016 – 2018 di 63 lokasi.

Untuk tahun 2019, direncanakan PISEW di 15 kecamatan, BSPS 1.500 unit rumah, dan P3-TGAI di 74 lokasi. Perwakilan penerima program ini menyebutkan bahwa program PKT sangat membantu dan berharap peningkatan di tahun-tahun berikutnya.

Ketua rombongan Komisi V DPR RI, Sadarestuwati, menyatakan bahwa Pemerintah telah berupaya mempercepat pembangunan infrastruktur perdesaan, diantaranya dengan pembangunan jembatan gantung dan program PKT. Hal ini dimaksudkan untuk mempercepat pembangunan dan peningkatan ekonomi perdesaan. “Infrastruktur perdesaan ini agar dipelihara dan dimanfaatkan sesuai peruntukkannya sehingga maksimal pemanfaatannya,” pesannya.

Turut mendampingi pada Kunjungan Kerja Spesifik Komisi V DPR RI ke Madiun adalah Kepala Sekretariat Dewan Sumber Daya Air Nasional Apriady Mangiwa, Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo, Chaisal A. Manu, Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) VIII, I Ketut Darmawahana, Kepala Sub Direktorat Kawasan Permukiman Perdesaan, Soelistianing Kusumawati, dan Kepala Sub Direktorat Fasilitasi Pendataan Rumah Swadaya, Rubiyo. (tn/kemen.pupr)

Posting Komentar

0 Komentar