Gubernur Jabar Berharap Masyarakat Junjung Tinggi Asas Praduga Tak Bersalah Atas Kasus Meikarta

TIPIKORNEWS.COM - Gubernur Jawa Barat Mochamad Ridwan Kamil angkat bicara terkait dengan disebutnya nama Sekretaris Daerah Jabar Iwa Karniwa dalam sidang Bupati non aktif Bekasi Neneng Hasanah Yasin. Ridwan meminta semua pihak mengedepankan azas praduga tak bersalah.

"Saya juga baca, saya juga dengar. Yang pertama, kita tentunya harus menghormati proses persidangan, kalau terungkap ada informasi seperti itu berarti ya kita lihat follow up dari aspek hukumnya. Kita kedepankan azas praduga tak bersalah, kan baru satu pihak menyampaikan informasi. Tentu harus dikonfirmasi," kata Ridwan, di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Selasa (15/1/2019).

Menurut sepengetahuan dia, berdasarkan informasi yang didapatnya, munculnya nama Iwa bukan kesaksian langsung Bupati non aktif Bekasi tersebut.

"Kalau saya denger juga kan masih katanya, bukan kesaksian langsung. Saya kira kita harus menghormati hak hukum dari siapapun yang disebut namanya untuk tidak dilakukan hal yang merugikan nama baiknya," ucap dia.

Ridwan pun menegaskan, dia kedepankan nilai dan proses hukum. Dia juga menitipkan pada media agar mengabarkan apa adanya sesuai fakta hukum.

Ketika ditanyakan konfirmasi terhadap Sekda Jabar, Ridwan mengakui apa yang disampaikan pada media sama persis dengan yang disampaikan Iwa pada dirinya.

"Sama seperti rilis karena merasa tidak pernah ikut urusan BKPRD. Jadi sementara itu (informasi) yang saya dapat," pungkas dia. (tn/h.prov.jbr)

Posting Komentar

0 Komentar