Polda Jabar Gelar Family Gathering Bersama Jurnalis

TIPIKORNEWS.COM - Dalam rangka mendukung terwujudnya Pileg dan Pilpres tahun 2019 yang aman, damai dan sejuk di Jawa Barat, Polda Jabar mengadakan family gathering bersama para jurnalis dan pemerhati media sosial. Acara tersebut berlangsung di GH Universal Hotel, Jalan Setibudhi No. 376 Bandung, Jumat (30/11/2018).

Hadir dalam kegiatan tersebut Kapolda Jabar Irjen Pol Agung Budi Maryoto, Wakapolda Jabar Brigjen Pol Supratman, PJU Polda Jabar, Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Irman Sugema, PJU Polrestabes Bandung, serta sekitar 100 jurnalis dari berbagai media massa di Jawa Barat.

Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan kegiatan tersebut merupakan wujud silaturahmi, kordinasi dan konsolidasi Polda Jabar bersama insan pers. Menurutnya, jurnalis merupakan pihak yang paling paham mengenai informasi yang beredar di masyarakat.

"Perkembangan informasi dan komunikasi yang ada di masyarakat sosial sangat tinggi kebutuhannya. Jurnalis paham dan tahu bagaimana masyarakat bisa menyentuh atau terpapar informasi. Jadi, rekan-rekan jurnalis dan pemerhati media sosial yang dapat memberikan gambaran tentang Jawa Barat, khususnya kinerja kepolisian," katanya saat On Air di Radio PRFM 107.5 News Channel.

Ia menambahkan, penyebaran berita hoax di media sosial menjelang Pemilu 2019 sangatlah berbahaya. Berdasarkan statistik data digital Indonesia, tercatat sebesar 42% masyarakat Indonesia yang terkoneksi dengan internet rentan terpapar berita hoax. Hal itu menurutnya dapat membuat situasi keamanan dan ketertiban di masyarakat tidak stabil.

Untuk itu, ia pun berharap peran serta jurnalis dan pemerhati media sosial untuk memberikan literasi kepada masyarakat agar dapat mengidentifikasi berita yang benar.

"Dengan peran serta jurnalis, dan pemerhati media sosial yang baik, netizen smart, Polri akan melakukan edukasi preventif dan preentif untuk menyelenggarakan manajemen media yang memberikan informasi baik dan benar serta bisa menjadi sumber data," katanya.

Lebih lanjut ia juga berpesan dan berharap agar peran serta media dan kepolisian dapat menyukseskan pesta demokrasi tahun depan. "Kesibukan kita adalah bagaimana mengamankan pesta demokrasi, beda pilihan boleh, tapi harus tetap menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan," pungkasnya. (tn/sumber:prfm.com)

Posting Komentar

0 Komentar