KNPI Kota Bandung Kerjasama Dengan Kepolisian Bantu Kasus Human Trafficking

TIPIKORNEWS.COM - DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Bandung kini tengah fokus membantu pemerintah dan kepolisian menangani kasus perdagangan anak dan perempuan (human trafficking). Upaya ini dilakukan oleh Lembaga Bantuan Hukum (LBH) KNPI Kota Bandung yang baru dibentuk belum lama ini.

Direktur LBH DPD KNPI Kota Bandung, Rizki Dris mengatakan, hal ini sebagai satu diantara bentuk kepedulian terhadap masyarakat yang memerlukan bantuan hukum terkait permasalahan human trafficking.

Menurut Rizki, masuknya bonus demografi dan modernisasi di Kota Bandung berdampak pada maraknya kasus perdagangan manusia.

"Menurut Kapolrestabes Bandung, dari tahun 2017 hingga 2018 ini kasus perdagangan perempuan besar, mengingat Kota Bandung merupakan Kota Pariwisata, Kota Pendidikan dan juga beberapa faktor diantaranya faktor ekonomi menjadi munculnya perdagangan perempuan dan anak," ujar Rizki saat kegiatan Sosialisasi dan Monitoring Pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Perempuan dan Anak, di Kota Bandung, Jumat (30/11/18).

Untuk memperkuat gerakan, pihaknya sudah membentuk 11 advokat yang disetujui Ketua KNPI DPD Kota Bandung Hendra Guntara, dan diantaranya fokus pada tindak pidana perdagangan manusia.

Hal tersebut berlandaskan pada Keputusan Walikota Nomor 463 yang telah ditetapkan sub tugas atau tim gugus tugas, KNPI Kota Bandung masuk dalam tim penegakan advokasi dan pengembangan norma hukum yang fokus pada perlindungan perempuan dan anak. Adapun Kapolrestabes Kota Bandung bertindak sebagai koordinator.

"LBH KNPI masuk dalam gugus tugas yang fokus pada perlindungan perempuan dan anak dengan Kapolrestabes, Kajari dan Pengadilan demi tercapainya Kota Bandung layak anak," imbuhnya.

Ditemui di tempat yang sama, Ketua DPD KNPI Kota Bandung, Hendra Guntara mengapresiasi langkah pemerintah, kepolisian dan semua pihak yang telah melibatkan KNPI masuk dalam penanganan perdagangan manusia, dan dukungan terhadap terbentuknya LBH KNPI yang konsen dalam melindungi masyarakat.

"Alhamdulillah saya berterimakasih khususnya kepada pemerintah dan kepolisian yang sudah mengikut sertakan LBH kami dalam gugus tugas yang fokus pada perdagangan anak dan perempuan," pungkasnya. (tn/sumber:prfm.com)

Posting Komentar

0 Komentar