Dampak Pecahnya Pipa, PDAM Kota Bandung Akan Ganti Kerugian Warga

TIPIKORNEWS.COM - PDAM Tirta Wening Kota Bandung akan mengganti kerugian warga akibat terkena dampak pecahnya pipa PDAM di Jagabaya Banjaran Kabupaten Bandung, Minggu dinihari 25 November 2018. Dirut PDAM Tirta Wening Kota Bandung Soni Salimi mengatakan hal itu di hadapan warga terdampak di Jagabaya, Minggu siang (25/11/2018).

"Kita akan ganti semua kerugian, namun tentunya akan kita lakukan inventarisir dulu apa yang rusak apa yang hilang dan lain-lain," katanya.

Diketahui akibat pecahnya pipa PDAM Kota Bandung yang berdiameter 800 mm itu sedikitnya 5 rumah terbanjiri air yang keluar dari pipa yang ditanam kurang lebih 3 meter dari permukaan tanah.

"Ada lima rumah ya, kemudian ada satu benteng yang roboh, namun alhamdulillah tidak ada korban jiwa atau luka," sambung Soni.

Hari Minggu siang setelah kejadian, PDAM langsung melakukan perbaikan di antaranya dengan mendatangkan alat berat berupa bekho untuk menggali tanah tempat pipa yang rusak.

"Insya Alloh dalam tiga sampai 4 hari ini selesai kalau tidak ada gangguan cuaca ya, sehingga suplay air ke pelanggan di wilayah Bandung bagian Barat dan Timur bisa normal kembali," ujarnya.

Pipa yang pecah itu berusia sekitar 28 tahun, karena sudah terpasang sejak tahun 90. Berdasarkan spesifikasinya, pipa yang terbuat dari beton berbalut kawat khusus itu mampu bertahan selama 100 tahun. Sampai saat ini PDAM masih meneliti penyebab pecahnya pipa di Jagabaya itu. (tn/h.prov.jbr)

Posting Komentar

0 Komentar