Update Kondisi Jaringan Telekomunikasi Pasca Gempa Bumi di Lombok

Siaran Pers No. 177/HM/KOMINFO/08/2018
Tanggal 15 Agustus 2018
Tentang
Update Kondisi Jaringan Telekomunikasi Pasca Gempa Bumi di Lombok

TIPIKORNEWS.COM - Kondisi terkini jaringan telekomunikasi di Pulau Lombok, NTB pascagempa bumi sudah pulih dan bisa digunakan untuk kebutuhan sehari-hari warga Lombok dan sekitarnya. 

Berdasarkan data Balai Monitoring Spketrum Frekuensi Kelas II Mataram Kementerian Komunikasi dan Informatika, pada Rabu (15/08/2018) sudah 897 base station site 2G, 3G dan 4G yang bisa digunakan kembali. Berarti sudah 95,02% dari 944 base station yang terdampak gempa bumi sudah bisa dipulihkan untuk melayani kebutuhan telekomunikasi. 

Di Gilimeno bases station sudah bisa diguanakan, sementara di Bayan dan Sembalun sudah beriperasi setelah diganti dengan pasokan listrik dari genset portabel. 


Sementara itu, hari Senin (13/08/2018) kemarin telah berlangsung serah terima 11 unit telepon satelit dari BAKTI Kementerian Kominfo kepada Posko Bencana Alam. Bantuan itu diserahkan langsung oleh Kepala Balai Monitoring Spektrum Frekuensi Radio di NTB, I Komang Sudiarta dan Zen Maulan dari BAKTI kepada Kepala Satgas Posko Bencana Danrem 162/Wirabhakti yang diwakili oleh Kepala Bagian Logistik Korem 162/Wirabhakti, Sarifudin.

Bantuan itu merupakan tambahan dari sebelumnya yang telah diserahkan yaitu sejumlah 5 unit Telepon Satelit. "Dengan diberikan bantuan ini, diharapkan proses evakuasi para korban yang berada diatas atas bukit atau gunung yang tidak terjangkau sinyal telepon seluler dapat dilaksanakan dengan baik dan lancar," kata Komang Sudiarta. (tn/keminfo)

Posting Komentar

0 Komentar