Pemkot Kaji Pengelolaan Stadion GBLA oleh PT PBB

TIPIKORNEWS.COM - Pengelolaan Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) di Gedebage yang selama ini dilakukan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung, sedang dikaji untuk dikelola oleh pihak ketiga. Pemkot Bandung saat ini sedang mengkaji peluang kebanggaan warga Kota Bandung tersebut, dikelola oleh PT Persib Bandung Bermartabat (PT PBB).

"Persib (PT PBB, red) memang telah lama meminta agar bisa mengelola Stadion GBLA. Tetapi saya minta dulu konsepnya DAN Persib baru memberikannya beberapa waktu lalu," kata Wali Kota Bandung, M. Ridwan Kamil di Pendopo Kota Bandung, Jalan Dalem Kaum, Selasa (21/8/2018).

Apabila konsep yang diajukan PT PBB sesuai dengan keinginan Pemkot Bandung, maka akan dilanjutkan dengan kerja sama antara Pemkot Bandung dengan PT PBB.

Kang Emil mengungkapkan, berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 19 tahun 2016 tentang Pedoman Pengelolaan Barang Milik Daerah, pihak ketiga memungkinkan untuk mengelola fasilitas milik Pemkot Bandung.

"Jika dikelola Persib (PT PBB), minimal beban operasional sudah pindah. Pemkot Bandung tidak terbebani untuk membayar listrik Rp1,2 miliar setiap bulannya," katanya.

Selain itu, lanjutnya, ada keuntungan yang akan diterima Pemkot Bandung dari PT PBB. "Kalau ada kegiatan lain di luar olah raga, tentu Pemkot Bandung juga harus memperoleh keuntungan," katanya.

Selain Stadion GBLA oleh PT PBB, lanjut Kang Emil, sejumlah fasilitas Pemkot Bandung lainnya juga akan dikerjasamakan dengan pihak ketiga. "Bandung Creative Hub atau bangunan milik Pemkot Bandung lainnya, mungkin juga bisa dikerjasamakan," tutur Emil. (tn/h.bdg)

Posting Komentar

0 Komentar