Pemeringkatan Kemenristekdikti, ITB Nomor Satu dan Unpad Masuk 10 Besar

TIPIKORNEWS.COM - Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi RI mengumumkan klasterisasi perguruan tinggi Indonesia tahun 2018, di Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspitek) Sepong.

Institut Teknologi Bandung (ITB) berada pada posisi pertama dalam pemeringkatan tersebut. Sementara tahun ini Universitas Padjadjaran berhasil naik lima peringkat dengan menduduki posisi ke-9 setelah pada tahun 2017 Unpad berada pada posisi 14. Ini artinya Unpad kembali berada dalam kelompok perguruan tinggi terbaik di klaster pertama bersama 13 perguruan tinggi lainnya dengan skor total 2,95.

Klasterisasi Kemenristekdikti merupakan upaya pemetaan perguruan tinggi nasional di bawah naungan Kemenristekdikti. Pemetaan bertujuan meningkatkan mutu perguruan tinggi secara berkelanjutan dalam menjalankan Tridarma Perguruan Tinggi.

Proses klasterisasi dilakukan melalui penilaian lima komponen dari data yang ada di Pangkalan Data Perguruan Tinggi Kemenristekdikti maupun data lain yang relevan, yaitu meliputi: kualitas SDM, kualitas kelembagaan, kualitas kegiatan kemahasiswaan, kualitas penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, serta kualitas inovasi.

Indikator penelitian dan pengabdian kepada masyarakat menjadi indikator dengan persentase penilaian terbesar, yaitu 30%. Selanjutnya indikator kelembagaan (28%), SDM (25%), kemahasiswaan (12%), dan inovasi (5%).

Naiknya peringkat Unpad tentunya tidak lepas dari kerja keras dan komitmen seluruh pemangku kepentingan baik internal maupun eksternal Unpad. Hal ini menunjukkan pengakuan atas capaian kinerja yang dilakukan Unpad selama ini. (tn/h.prov.jbr)

Posting Komentar

0 Komentar