Cegah Korupsi: Walikota Bandung, Polrestabes Bandung, Kejari, Ketua PN, Dandim Tandatangni Kesepakatan

TIPIKORNEWS.COM - Polrestabes Bandung akan menerapkan zona integritas Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM). Zona integritas ini akan diberlakukan di sejumlah pelayanan publik di Kota Bandung.

Sebagai langkah awal, hari ini, Kamis (23/8/2018), ditandatangani kesepakatan zona integritas oleh Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Irman Sugema, Wali Kota Bandung M. Ridwan Kamil, Ketua Pengadilan Negeri Bandung Jupriyadi, Dandim 0618/BS Kol. Inf Arifin Dahlan, dan Kepala Kajari Bandung Rudi Irmawan. Penandatanganan dilakukan di Aula Mapolrestabes Bandung, Jln. Jawa.

Wali Kota Bandung dalam kesempatan itu mengatakan, Pemkot Bandung mendukung sepenuhnya penerapan zona integritas WBK dan WBBM. "Pencanangan zona integritas ini ujungnya apresiasi masyarakat. Masyarakat bahagia, masyarakat senang karena kotanya aman dan pelayanannya baik," tuturnya.

Wali kota yang akrab disapa Emil ini menilai, kepentingan Polrestabes Bandung salah satunya bagian dari kepentingan Pemkot Bandung. "Karena urusannya untuk rakyat Bandung, tentulah kami mendukung," ujarnya.

Dukungan yang diberikan Pemkot Bandung untuk zona integritas tersebut, antara lain dari segi infrastruktur dan teknologi yang dapat memberikan pengaruh positif bagi pelayanan publik. Menurut Emil, dari segi teknologi, Pemkot Bandung mempunyai aplikasi pelayanan publik yang dapat diadaptasi untuk kepentingan zona integritas tersebut.

Emil mencontohkan pelayanan online yang tidak mempertemukan antara petugas dengan pemohon layanan. Pelayanan bisa diselesaikan secara online, sehingga menghindari terjadinya korupsi.

"Kalau pelayanan bisa dilakukan tanpa tatap muka, kenapa harus tatap muka," katanya.

Pemkot Bandung, lanjut Emil, bersama-sama kepolisian, pengadilan, TNI, dan kejaksaan melaksanakan zona integritas WBK dan WBBM, sehingga pembangunan di Kota Bandung maju serta rakyat senang karena pelayanannya baik dan cepat.

Dukungan yang diberikan oleh Pemkot Bandung terhadap penerapan zona integritas WBK dan WBBM mendapat apresiasi dari Kapolrestabes Bandung, Kombes Pol Irman Sugema. Penerapan zona integritas ini merupakan upaya peningkatan integritas serta reformasi birokrasi yang ada di wilayah Kota Bandung.

"Sebagai penjabaran dari reformasi birokrasi, maka kami Polrestabes Bandung melaksanakan pencanangan pembangunan zona integrasi. Harapannya, wilayah bebas korupsi kolusi dan nepotisme. Bisa memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat," katanya.

Ia berharap, masyarakat pun mampu mengontrol di lingkungan masing-masing terhadap segi pelaksanaan pelayanan. "Kepada masyarakat untuk mengontrol terhadap pelaksanaan pelayanan publik yang diberikan dan dilaksanakan. Khususunya untuk masyarakat Kota Bandung," ujarnya.

Zona integritas ini akan diberlakukan di sejumlah pelayanan publik. Di antaranya pelayanan pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM), Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) serta pelayanan terkait pelaporan masyarakat dan penanganan penegakan hukum.

"Itu juga menjadi bagian dari fungsi yang akan dilaksanakan kepada masyarakat," tutur Irman. (tn/h.bdg)

Posting Komentar

0 Komentar