Dapat Hibah dari ICITAP USA, Dit Polair Polri Kini Miliki Analists Room

TIPIKORNEWS.COM - Dit Polair Korpolairud Baharkam Polri kini memiliki analists room (ruang analis), hibah dari International Criminal Investigative Training Assistance Program (ICITAP) USA.

Penandatanganan berita acara serah terima analists room dari ICITAP kepada Dit Polair Korpolairud Baharkam Polri dilaksanakan di Aula Dit Polair Baharkam Polri, Selasa (25-07-2017).

Ditandatangani oleh Direktur ICITAP Indonesia Mr Gerald H Hewett Jr dan Kabaharkam Polri Komjen Pol Drs Putut Eko Bayuseno, yang didampingi oleh Analis Utama Korpolairud Baharkam Polri Irjen Pol Drs Satriya Firdaus Maseo dan Karo Bin Opsnal Baharkam Polri Brigjen Pol Drs Edi Tambunan MSi.

“Izinkan saya secara pribadi beserta seluruh jajaran memberikan penghargaan setinggi-tingginya dan terimakasih kepada Mr Gerald H Hewett Jr, Direktur ICITAP Indonesia, beserta jajaran atas segala upaya dan perhatian yang telah diberikan kepada Polri dalam mendukung pelaksanaan tugas di darat maupun di perairan,” kata Komjen Pol Putut Eko Bayuseno dalam sambutannya.

Kemudian ia menjelaskan, Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian memberikan perhatian yang besar pada aspek pencegahan dalam penegakan hukum oleh Polri. Sehingga kekuatan intelijen menjadi bagian penting dalam rangka diteksi dini, dimana hal ini menuntut peningkatan kemampuan analisa intelijen.

“Pengembangan Unit Analisa Intelijen tidak bisa berjalan sendiri tanpa sistem manajemen data yang terpadu, karena para analis bekerja mengolah informasi dan data mentah yang ada di dalam sistem tersebut untuk menghasilkan produk-produk intelijen,” katanya.

Menurut Komjen Pol Putut Eko Bayuseno, ke depan para Komandan Kapal dan Kasubdit Gakkum memiliki peran yang vital untuk memastikan proses analisa intelijen ini bisa berjalan. Hal ini dilakukan dengan cara memasok data dan informasi ke dalam sistem manajemen data, tentunya data yang dimaksud adalah yang berasal dari kegiatan patroli maupun penyelidikan serta penyidikan yang dilaksanakan oleh kapal polisi dan Subdit Gakkum di tingkat Mabes maupun di kewilayahan.

“Dalam kesempatan ini, saya ingin mengimbau kepada pelaksana di lapangan, yaitu para Komandan Kapal dan Kasubdit Gakkum, untuk secara aktif bekerjasama dan berkoordinasi dalam memberikan dan memasok data serta informasi melalui para analis ke dalam sistem manajemen data. Sehingga nantinya analists room hibah dari ICITAP ini dapat berguna bagi penegakan hukum dalam mengungkap jaringan kejahatan, khususnya di perairan,” pesan Komjen Pol Putut Eko Bayuseno kepada jajarannya. (tn)
(sumber: ribratanews.com)

Posting Komentar

0 Komentar